Pemda Jayawijaya Minta Kapasitas 3 GB Palapa Ring

Bupati   Jhon Richard Banua, SE, Msi (Denny/ Cepos)

WAMENA-Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengaku bahwa Pemkab Jayawijaya sudah mengajukan ke Kementerian Kominfo untuk bisa mendapatkan 3 GB dari kapasitas Palapa Ring Timur  untuk bisa digunakan di Jayawijaya.

   “Kita tunggu pekerjaan ini selesai dilaksanakan, kalau memang sudah selesai dan diresmikan mungkin surat yang kita layangkan ke Kementerian Kominfo baru  mendapat jawaban, sementara untuk saat ini kita belum menerima jawaban dari Kementrian Kominfo,”ungkapnya Rabu (18/9) kemarin.

  Bupati Banua, berharap harus ada tanggapan dari Kementrian Kominfo karena kebutuhan internet di Jayawijaya sangat penting untuk daerah Pegunungan Tengah Papua. Sebab, selama ini  daerah ini menggunakan jaringan satelit sehingga akses internet sangat sulit. Untuk itu, ia mengharapkan Kementrian Kominfo bisa memberikan bandwith sesuai dengan surat yang diajukan.

   Secara terpisah Kepala Dinas Kominfo Ishak Sawaki mengakui jika surat yang kemarin dibuat sesuai dengan petunjuk Bupati Jayawijaya itu sudah disampaikan ke  Kementrian Kominfo kepada  Badan Aksesbilitas Komunikasi dan Informasi Kominfo dan juga ke pihak Telkomsel sendiri adalah hal ini yang berkompeten untuk menangani masalah jaringan internet di Jayawijaya.

  “Sesuai dengan isi dari surat yang diajukan diharapkan adanya penyediaan bandwich itu 3 GB setelah palapa ring selesai maka setiap BTS ini kami harapkan bisa saling interkonesi dengan layanan BTS milik Telkomsel karena perusahan ini yang akan digunakan sebagai domain internet di Jayawijaya,”jelasnya.

  Kata Isahak sawaki, memang nantinya ada beberapa provider yang masuk ke Jayawijaya memanfaatkan palapa ring ini, namun dari pemda sendiri sepertinya akan menggunakan Telkomsel sehingga kemarin Pemda Jyawijaya meminta untuk membuatkan surat itu, namun sebelumnya sudah ada pembicaraan dengan Telkomsel secara lisan.

  “Dari pembicaraan itu, kita minta kepada kementerian semacam memberikan rekomendasi untuk Telkomsel   menggunakan sarana palapa ring timur ini dengan kapasitas 3 GB,”katanya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *