Perkenalkan Potensi SAR ke Sekolah-sekolah

Pegawai Kantor SAR Jayapura saat memberikan materi potensi SAR kepada murid SD di Sentani,  Kabupaten Jayapura, Selasa (10/9). (Yewen/Cepos)

SENTANI- Kantor Search and Rescue (SAR) Jayapura memperkenalkan potensi SAR kepada murid Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kepala Sub Seksi Sumber Daya, Andi W. Kaiba mengatakan, tugas seorang rescue (penolong) adalah menyelamatkan jiwa manusia yang terancam dan terkena musibah. Oleh karena itu, tugas kemanusiaan ini harus dilakukan dengan sepenuh hati dan tulus.

“Tugas menolong bukan saja dilakukan oleh tim SAR saja, tapi bentuk tanggung jawab bersama sebagai warga masyarakat,” ungkapnya saat memperkenalkan potensi SAR kepada para murid (siswa) di Sentani, Selasa (10/9).

Tugas kemanusiaan ini diperkenalkan kepada siswa dalam kemasan program SAR goes to school, ini merupakan program tahunan yang dibuat oleh Basarnas.

“Kami berikan materi tentang teknik pertolongan perairan, tujuan pemberian materi ini, agar para siswa ini dapat lebih paham dan mengerti bagaimana cara dan teknik yang harus dilakukan saat menolong orang yang tenggelam di air,” ucapnya.

Dia menyatakan, ada 6 sekolah yang menjadi tempat pembekalan materi SAR goes school ini yaitu SD Inpres Doyo Lama, SD Efata Puyoh Besar Putali, SD Negeri Yosiba, SD Ifar Babrongko, SD Persiapan Abar dan SD Donday. Peralatan yang digunakan yakni Ring Buoy, life Jaket dan tali.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Jayapura, Putu Arga Sujarwadi mengatakan, sasaran sosialisasi ini adalah anak usia dini di segmen sekolah dasar. Mereka diberikan pemahaman secara sederhana, apa yang harus diperbuat bila terjadi bencana, mengingat baru kemarin mengalami bencana alam yakni banjir bandang yang memporak- porandakan Kabupaten Jayapura dengan memakan korban baik materil maupun korban jiwa.(bet/tho).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *