Demo Rusuh dan Menjarah Pasti Sudah Direncanakan

Gubernur Papua Lukas Enembe memberi keterangan kepada wartawan Selasa(10/9) kemarin. (Priyadi/Cepos)

Banyak Aset Pemprov Dijarah,  Dinaikkan ke Speedboad

JAYAPURA-Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, mengatakan, dalam aksi demo mengarah anarkis yang  terjadi di Kota Jayapura pada hari Kamis(29/8)Minggu lalu, Kantor Gubernur Papua di Dok II Jayapura juga ikut mengalami kerusakan bahkan juga penjarahan aset Barang Milik Daerah (BMD) Pemprov Papua.

Gubernur Lukas Enembe mengaku, ada oknum atau kelompok yang memanfaatkan situasi di saat ada aksi demo di Kantor Gubernur dengan melakukan penjarahan barang di kantor Gubernur baik itu laptop maupun barang lainnya, yang dibawa dengan menggunakan speedboard yang sudah disiapkan di laut Dok II Jayapura.

  “Ya dalam aksi demo ini, ada aset Pemprov yang dijarah mulai dari Kantor Bappeda hingga Keuangan bahkan di lantai dua juga, kita memang belum hitung berapa aset kita yang dibawa lari tapi jumlahnya tidak sedikit,”ungkapnya, Selasa(10/9) kemarin.

Diakui, banyak barang milik pemerintah Provinsi Papua yang di jarah, hingga ruangan kosong diambil naik speedboad di laut Dok II orang sudah punya rencana jahat,  dengan dikasih naik dan dibawa.   “Masa melakukan demonstrasi lakukan penjarahan langsung dikasih naik bawa speedboad pasti ini sudah ada yang merencanakan,”jelasnya.

  Ditambahkan, melalui kejadian ini tentu Gubernur tidak tinggal diam, harus diungkap siapa pelakunya, karena ini aset milik pemerintah yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

Gubernur juga menegaskan, untuk kantor pemerintahan yang dibakar ada 4 nantinya akan dibangun kembali dengan dana APBN, sedangkan rumah warga dan kios yang juga ikut dibakar jadi tanggung jawab Pemprov Papua nanti akan rehab kembali, jika memang sudah terbakar ludes akan diberikan fresh money, sehingga korban tidak perlu khawatir. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *