Layak Jadi Pilot Project bagi Daerah Lain

Toni Wanggai

SENTANI-Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Kelompok Kerja (Pokja) Agama, Dr.H.Toni Wanggai menilai, Kabupaten Jayapura layak jadi pilot project bagi daerah lain di Indonesia berkaitan dengan zona integritas kerukunan antar umat beragama.

Dikatakan, sejak 2015 lalu, Kabupaten Jayapura dijadikan zona integritas kerukunan antara umat beragama, yang dideklarasikan oleh  Menteri Agama, Lukman Hakim Saiffudin dan Kabupaten Jayapura adalah satu-satunya daerah zona integritas kerukunan di Indonesia.

“Bupati Jayapura juga pernah mendapat reward dan penghargaan, terbukti selama ini tidak pernah terjadi konflik yang berbau SARA,”kata Toni Wanggai kepada wartawan di Sentani, Selasa (3/9).

Menurutnya,  berbagai penghargaan yang diterima Bupati Mathius  tidak salah,  karena hal itu telah dibuktikannya, di mana  Kabupaten Jayapura tetap aman dan tenteram meski beberapa daerah lain di Papua terjadi kisruh pengerusakan dan menyebabkan banyak kerugian material.

“Melalui peristiwa ini hendaknya menjadi momen refleksi yang baik buat kita  para pemimpin di atas tanah Papua, gubernur, bupati, walikota dan seluruh pemimpin Papua baik formal atau informal,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemerintah perlu berkaca dari peraitiwa ini, jangan lagi memanfatkan tokoh  agama dan tokoh adat seperti  pemadam kebakaran, begitu ada kekacauan baru kemudian dipanggil.”Jadi harus bersama masyarakat  untuk merumuskan atau memperkuat revitalisasi forum kerukunan umat beragama,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *