Di Biak, Rangkuman Aspirasi Tertulis Diserahkan di DPRD

Pimpinan DPRD Kabupaten Biak Numfor ketika menerima aspirasi dari berbagai komponen masyarakat sebagai tindaklanjut demo damai menyikapi kejadian rasisme dan kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Malang dan beberapa daerah lainnya, di ruang sidang dewan, Rabu (4/9) kemarin.Fiktor/Cepos

Rencananya Akan Dibawa ke Gubernur dan Presiden

BIAK-Sejumlah komponen masyarakat yang tergabung dalam Forum Keadilan Masyarakat Asli Papua merangkum aspirasi secara tertulis di ruang sidang DPRD Kabupaten Biak Numfor, Rabu (4/9) kemarin. Selanjutnya, rangkuman aspirasi itu rencananya akan ditindaklanjuti ke Gubernur Provinsi Papua dan Presiden Republik Indonesia.

  Penyampaian aspirasi yang dikemas dalam bentuk pertemuan itu menidaklanjuti aksi unjuk rasa beberapa hari lalu terkait dengan kejadian rasisme dan kekerasan terhadap mahasiswa di Surabaya, Malang dan beberapa daerah lainnya.

  Masyarakat yang diterima unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Biak Numfor itu merupakan perwakilan dari masing-masing unsur masyarakat, seperti masyarakat adat, paguyuban, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan sejumlah lainnya.

  Sementara sejumlah pimpinan daerah yang hadir langsung dalam penyerahan aspirasi itu diantaranya Kapolres Biak Numfor, Kajari Biak Numfor, Kasdim 1708/BN, Asisten I Setda Kabupaten Biak Numfor, Ketua DPRD Biak Numfor dan unsure pimpinan dan jajaran anggaran DPRD Kabupaten Biak Numfor.

  Sebelum penyerahan rangkuman aspirasi secara tertulis, Koordinator Forum Keadilan Masyarakat Asli Papua, Wilem K Rumpaidus, S.Sos kembali menyatakan bahwa sejumlah aspirasi yang disampaikan dalam bentuk tertulis itu diharapkan dapat menjadi perhatian serius dari presiden dan pihak terkait.

  “Ini tidak sekedar menyikapi persoalan di Surabaya, Malang dan sekitarnya, namun kami meminta supaya ada keadilan bagi masyarakat Papua. Pelakunya harus ditindak tegas dan harapan kami kejadian seperti ini tidak terulang,” pungkasnya.

  Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Gotlief Kawer, S.Hut yang memimpin jalannya pertemuan penyerahan aspirasi itu menyatakan pada dasarnya akan memberikan perhatian serius terhadap aspirasi dari masyarakat. “Kita akan menindaklanjuti aspirasi ini, akan dikoordinasikan supaya dibawa ke Gubernur dan Presiden,” tandasnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *