Kementerian PUPR Siapkan Rp 100 M Untuk Renovasi Kerusakan

KUNJUNGI LAPAS: Menteri PUPR Republik Indonesia, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., didampingi Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Iwan Santoso  dan Kalapas Abepura, Kornelles Rumboirusi saat berkunjung ke Lapas Abepura, Selasa (3/9).

 

SENTANI-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia,  Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., turun langsung,  untuk memantau dan menginventarisir kerusakan rumah warga, tempat usaha dan perkantoran pasca aksi massa yang berakhir anarkis di Kota Jayapura, Kamis (29/8) lalu.

“Ini atas perintah presiden untuk segera memperbaiki dan membersihkan semua  yang rusak karena kejadian kemarin,” kata Basoeki kepada wartawan di Bandara Sentani, Selasa (3/9)

Dia menjelaskan, untuk memperoleh data kerusakan dan  memastikan fasilitas apa saja yang rusak di Kota Jayapura, Kementerian PUPR akan melibatkan pihak PU dan BWS Provinsi Papua.

Menurutnya, Presiden Jokowi ingin agar persoalan di Papua segera selesai termasuk fasilitas yang rusak yang timbul setelah kejadian tersebut. “Kalau berdasarkan inventarisir sudah  teridentifikasi,  mudah-mudahan tidak terlalu berat. Tentunya akan kita perbaiki dan mulai hari ini (kemarin) kita bersihkan,”jelasnya.

Dia mengatakan, inventarisir kerusakan yang terjadi pasca aksi masa  itu akan dilakukan dari Waena, Distrik Heram hingga ke Distrik Jayapura Utara dan beberapa titik lainnya yang terkena dampak itu.

Selain Kementerian PUPR menurut Basoeki, Kemensos RI juga akan terlibat langsung memberikan kompensasi kepada masyarakat yang terkena dampak langsung dari aksi demo anarkis tersebut.

Kementerian PUPR menurutnya telah menyiapkan kurang lebih Rp 100 Miliar dana untuk merenovasi seluruh kerusakan yang ada di Kota Jayapura pasca aksi beberapa hari lalu yang mengakibatkan sejumlah kerusakan bangunan maupun yang lainya.

“Kerusakan yang dialami saat demo anarkhis yang berujung pada pembakaran dan pengrusakan sejumlah fasilitas milik pemerintah, BUMN dan juga swasta akan segera diperbaiki dengan menggunakan dana APBN,” jelasnya usai mengunjungi Lapas Abepura, kemarin.

Hadimuljono mengungkapkan bahwa kunjungnya saat ini atas perintah Presiden Jokowi untuk segera memperbaiki fasilitas umum yang dirusak termasuk membantu masyarakat yang tempat tinggalnya dirusak massa. “Sekarang kita lihat salah satu bangunan yang dirusaki oleh warga binaan  yaitu fasilitas perbengkelan di Lapas Abepura tentu harus diperhatikan juga,” katanya.

Dirinya berkomitmen dalam minggu ini harus selesai dilakukan pembersihan. Sehingga bangunan yang rusak segera diperbaiki. Sesuai arahan Presiden agar fasilitas ini dapat berjalan dan kembali beraktivitas.

“Kira-kira anggaran yang kita butuhkan tidak lebih dari Rp 100 miliar. Jika semua perbaikan kita sudah mulai minggu depan maka akhir tahun pekerjaan bisa selesai,” tuturnya.

Saat melakukan pemantauan di lapangan, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian PUPR, Forkopimda Provinsi Papua, Sekda Papua, T.E.A Herry Dosinaen, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, Iwan Santoso, Kadiv Administrasi, Johan Manurung, Kadiv Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kalapas Abepura, Kornelles Rumboirusi.

Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Iwan Santoso berharap setelah kunjungan ini perbaikan dan renovasi Bengkel Lapas Abepura dapat segera dilaksanakan. Menurutnya, hal ini dilakukan agar aktivitas pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan dapat berjalan kembali dengan normal.

Di tempat yang sama, Kalapas Abepura, Kornelles Rumboirusi mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi atas respon yang baik melalui Kementerian PUPR.

“Saya kira ini amanah yang diberikan oleh Presiden kepada kepada menterinya untuk memperbaiki gedung serta bangunan yang rusak milik pemerintah adalah langkah yang sangat efektif dan patut di apresiasi,” ucap Kornelles ke Cenderawasih Pos usai mendampingi kunjungan Menteri PUPR di Lapas Abepura.(roy/kim/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *