Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Suasana di Saga Mal Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (2/9). Aktivitas jual-beli di mal tersebut sudah berjalan normal. (Yewen/Cepos)

 

SENTANI-Pasca aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan masyarakat di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Kamis (29/8), situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Jayapura aman dan kondusif.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, saat ditemui Cenderawasih Pos, di Sentai, Senin (2/9).

“Situasi sudah aman dan kondusif,”ungkap mantan Kapolres Mimika ini.

Walaupun situasi Kamtibmas aman dan kondusif, namun kata Victor, masih ada isu-isu yang diterima oleh masyarakat melalui SMS maupun pesan watshapp yang informasinya tidak benar, karena kondisi keamanan sudah aman dan kondusif.

“Tolong kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan isu-isu yang diterima melalui SMS maupun pesan watshapp,” katanya.

Victor mengakui, aksi demontrasi yang dilakukan ribuan masyarakat Kamis (29/8) lalu mengakibatkan sejumlah pertokoan dan Ruko yang berada di pinggiran jalan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, tindakan anarkis itu telah ditangani langsung oleh Polda Papua.

“Ada bangunan yang dilempar, sehingga mengakibatkan kaca pecah, terutama Ruko sepanjang Hawai. Selain itu, taman-taman, rambu-rambu lalu lintas, trotoar dirusak, semua ada datanya di kita,” ujarnya.

Untuk pelaku pengrusakan, semua sudah ditangani oleh Polda Papua.

Guna rangka menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Jayapura, pihaknya saat ini dibackup oleh satuan Brimob.

“Pasukan Brimob akan membantu tugas Polres Jayapura, terutama untuk pengamanan dan patroli, hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,”ungkapnya.

Victor sendiri tidak menyebutkan secara pasti jumlah personel Brimob yang diperbantukan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Jayapura.

Victor berharap dengan adanya penambahan personel ini, maka akan membantu pihaknya dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman dan damai di bumi Kenambai Umbai. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *