Sikapi Situasi Papua, TNI Polri Gelar Apel Gabungan

Wakapolres  Merauke Kompol  YS Kadang saat memeriksa amunisi senjata  yang dibawa personel TNI dan Polri pada  apel gabungan TNI-Polri dalam  menyikapi situasi  Papua  di Mapolres Merauke, Senin (2/9). (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Menyikapi  kondisi  Papua  dalam  beberapa  hari belakangan  sebagai ekses dari kejadian Surabaya dan Malang, maka  Pemerintah Kabupaten Merauke bersama TNI-Polri    menggelar apel  bersama  gabungan TNI-Polri sekaligus  patroli bersama.  Tidak kurang 200 personel TNI dan Polri     disiagakan  untuk mengantisipasi  hal-hal yang tak diinginkan terjadi tersebut.

     Bupati Merauke  Frederikus Gebze, SE, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur Upacara     pada apel gabungan  ini didampingi  Dandim 1707/Merauke  Letkol Inf Eka Ganta  Candra,  Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Merauke  terutama  kepada TNI Polri   terkait dengan situasi Papua saat ini, meski diakui saat ini Kabupaten Merauke masih aman dan kondusif

  ‘’Dengan melihat  situasi  dan kondisi kita di Tanah Papua dikatakan dalam peribahasa air beriak tanda tak dalam. Jadi  bukan berarti sepoi sepoi angin dan teduhnya ombak kita dapat berlayar dengan seenaknya. Tapi  kita harus tangkal, tepat dan siap  menjaga dalam ketenangan dan kedamaian serta keteduhan di wilayah  Kabupaten Merauke,’’ katanya.

   Kepada    Dandim dan Kapolres semua jajaran TNI dan Polri yang ada di Merauke,  bupati Frederikus Gebze  meminta dan mengharapkan   untuk melakukan upaya–upaya pendekatan kemanusiaan dan dengan hati kepada masyarakat.  ‘’Kita  harus  melakukan pendekatan   hati dan dan kemanusiaan,’’ tandasnya.      

   Pada kesempatan tersebut, bupati mengusulkan  untuk dilakukan  posko bersama dan  untuk titik-titik yang dianggap   menjadi  tempat pengumpulan massa dan sebagainya    untuk dilakukan penetrasi secepat  mungkin.   Seusai apel bersama  tersebut dilanjutkan dengan  Rapat Forkopimda, Pemda, TNI Polri, tokoh masyarakat, FKUB dalam rangka mengantisipasi  perkembangan  situasi guna menciptakan situasi Kamtibmas  yang aman dan kondusif di Kabupaten Merauke. Rapat  ini dihadiri  Bupati  Merauke, Danrem 174/ATW, mewakili  Danlantamal, Danlanud,  Dandim dan  Kapolres    Merauke dan Wakil Ketua II DPRD Merauke.  Sementara  hadir  tokoh   Selatan Papua  Drs  Johanes Gluba  Gebze. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *