Persipura Home Base di Stadion Aji Imbut

JAYAPURA-Tim Persipura Jayapura sudah dipastikan tidak akan menggunakan Stadion Mandala Jayapura sebagai home base untuk menjamu tamunya pada kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Pasalnya, stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu akan memasuki progres renovasi jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020. Stadion Mandala Jayapura akan menjadi salah satu venue cabang olaharaga yang dipertandingkan pada event olahraga empat tahunan itu.

Menjamu Bali United pada 1 September akan menjadi laga terakhir tim Mutiara Hitam, julukan Persipura di Stadion Mandala Jayapura musim ini. Sisa laga kandang terpaksa akan digelar di luar pulau Papua.

“Saat ini sudah ada komunikasi dengan pihak pengelola stadion, dan proses renovasinya mulai akan dilakukan pada 1 September, sehingga kita harus keluar,” ungkap Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (23/8) kemarin.

Mantan wartawan Cenderawasih Pos itu menuturkan, bahwa manajemen Persipura juga sangat mendukung penuh pemerintah Papua sebagai tuan rumah PON yang baik.

“Kita berharap PON bisa berjalan dengan baik, sehingga renovasi ini kita sangat mendukung, karena nantinya juga akan membuat Stadion Mandala semakin terverifikasi AFC,” ujarnya.

Dijelaskan, manajemen Persipura masih berharap bisa memainkan laga kandang di Tanah Papua. Namun beberapa Stadion pun juga akan direnovasi pemerintah setempat untuk mensukseskan PON di Papua.

“Kita juga ingin main di Barnas Youwe Sentani, tapi fasilitasnya sudah tidak memenuhi verifikasi TP LIB PSSI,” jelasnya.

Rocky juga berharap, pihaknya bisa mendapatkan lampu hijau dari pemerintah provinsi Papua untuk menggunakan Stadion Papua Bangkit.

“Tapi Stadionnya belum diresmikan jadi kita juga belum bisa pakai, dan kita berharap setelah diresmikan kita bisa menggunakan Stadion Papua Bangkit,” jelasnya.

Meski begitu, Rocky juga menjelaskan bahwa manajemen Persipura telah memiliki Stadion yang akan mereka gunakan selama homebase di luar Papua.

“Awalnya kita ingin menggunakan Stadion Batakan Balikpapan, namun karena akan digunakan oleh Liga Pelajar, sehingga kita memilih Stadion Aji Imbut Tenggarong, manajemen sudah menyurati dan sudah mendapatkan izin kita bermain di sana,” jelasnya.

Ditambahkan, Stadion Aji Imbut merupakan tempat yang paling strategis bagi Persipura homebase. Selain lolos verifikasi, Stadion Aji Imbut juga dinilai tempat paling netral dan bahkan bisa menguntungkan timnya.

“Karena jika kita memilih di Pulau Jawa, tentu kita justru terlihat tamu jika bermain laga home. Karena pastinya suporter tim lawan yang ada di Jawa akan datang mendukung timnya,” tandasnya. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *