DPR Kota Siapkan Regulasi Wali Kota Harus Asli Port Numbay

Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo

JAYAPURA – Satu agenda yang rencananya akan dibahas oleh DPRD Kota setelah  pelantikan nanti adalah bagaimana menggodok satu regulasi yang isinya memperkuat hak kesulungan. Sebuah Perda akan disiapkan yang didalamnya berisi persyaratan bahwa yang ingin maju sebagai calon Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Jayapura harus anak asli Port Numbay. Sebuah regulasi yang diskriminatif namun menurut Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo tetap berisi pesan positif.

“Kami ingat Pak Joko Widodo pernah sampaikan agar jangan terlalu banyak Perda. Satu atau dua tidak apa tapi harus jalan. Nah yang kami pikirkan adalah bagaimana menghadirkan sebuah Perda Kota tentang hak kesulungan dan ini penting,” kata Rollo melalui ponselnya, Jumat (23/8).

Perda ini kembali ditegaskan berkaitan dengan persyaratan untuk maju menjadi  wali kota maupun ketua DPRD Kota Jayapura. Dimana yang ingin maju harusnya memenuhi persyaratan khusus yakni berstatus sebagai anak asli Port Numbay.

“Tapi ini akan kaji dari DPR ataupun Menkumham agar tak disebut semuanya diskriminatif. Hak kesulungan yaitu Ketua DPR dan Wali Kota itu harus anak asli Port Numbay. Jika wakil wali Kota atau wakil ketua DPR silahkan dari luar namun untuk pimpinannya harus tetap anak Port Numbay,” tambah Rollo.

Ini agar ketika ada masalah maka yang turun menyelesaikan adalah anak-anak Port Numbay sendiri agar penanganannya bisa dilakukan dengan pendekatan emosional. “Mungkin diskriminatif tapi positif. Ini akan kami garap dalam 5 tahun ke depan, satu Entrop dan satu  Kotaraja harus Port Numbay,” ucapnya.

Disinggung soal perda asli Port Numbay yang memberi sinyal bahwa dirinya akan maju kembali, kata Rollo ia sudah 2 kali maju dan gagal namun tidak menutup kemungkinan kali ketiga akan berhasil. “Jika Tuhan berkehendak kami akan mencoba lagi. Saya maju keinginan saya sebagai manusia dan kalau Tuhan berkehendak semoga semuanya lancar,” imbuhnya. (ade/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *