Singgah Di Biak, KRI Banda Aceh 593 Open Ship

KRI Banda Aceh 593 yang berangkat dari Jayapura tujuan Makassar dan Jakarta ketika singgah di Pelabuhan Biak sekaligus melakukan open ship, Kamis (22/8). (Fiktor/Cepos)

BIAK- KRI Banda Aceh 593 dalam perjalannya menghantar Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif Para Raider 328/DGH dan Yonif 725/WRG yang telah purna tugas singgah di Pelabuhan Biak, Kamis (22/8) kemarin. Di Biak, KRI Banda Aceh 593 melakukan open ship satu hari penuh sejak tiba.

  Open ship itu diawali  dengan coffee morning Forkopimda Kabupaten Biak Numfor dan Supiori bersama dengan instansi maritim di atas KRI Banda Aceh 593 itu. Hadir langsung dalam acara coffee morning itu dihadiri langsung oleh Kolnel Laut (P) Budi Darmawan Amran dan Komandan KRI Banda Aceh 593, Letkol Laut (P) Ali Setiandy, M.M., M.Tr(Han).

     Open ship itu mendapat sambutan hangat masyarakat Kota Biak dan sekitarnya dengan datang berbondong-bondong ke pelabuhan. Masyarakat datang melihat dari dekat kapal produksi dalam negeri yang telah melakukan sejumlah operasi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kapal yang dilengkapi dengan helipad.

   “Kami minta supaya dalam perjalanannya membawa kembali Satgas Pamtas RI-PNG singgah di Biak satu hari dulu, ini kami nilai penting dalam rangka memperkenalkan TNI AL secara luas ke masyarakat,” kata Danlanal Kolonel Budi Darmawan Ambran.

Warga yang datang melihat dari dekat KRI itu ada yang membawa anak-anaknya, ada juga guru yang membawa rombongan anak sekolahnya, dan sejumlaj warga lainnya. Mengunjuk bebas melihat dari dekat alat utama sistem senjata (Alutsista) dan ruangan-ruangan di dalam KRI Banda Aceh 593 serta anjungan, helipad atau landasan helikopter.

        KRI Banda Aceh-593 yang singgah di Dermaga Pelabuhan Biak itu membawa Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif Para Raider 328/DGH dan Yonif 725/WRG yang telah purna tugas menggunakan.

“KRI Banda Aceh 593 ini adalah salah satu kapal jenis LPD produksi dalam negeri di bawah binaan Kolinlamil satuan operasi Satlinlamil Jakarta yang sangat aktif dalam melaksanakan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Kamdan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Ali Setyadi menambahkan.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *