Server Putus, Layanan di Disdukcapil Terhambat

Salah satu warga saat melihat pengumuman terkait putusnya jaringan server di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Kamis (22/8). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Sejak 5 Agustus 2019, layanan umum  di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura, khususnya untuk penerbitan sejumlah  dokumen kependudukan terhambat akibat jaringan server diputus dari pusat. Sejumlah warga mengaku perihatin dengan kondisi tersebut. Mengingat pentingnya dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga dan sejumlah dokumen kependudukan lainnya tidak bisa diurus.

“Kami datang dan hanya dikasih tahu server putus,” ujar Kletua Mambol, salah salah satu warga yang ditemui koran ini, di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Kamis (22/8).

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Sarah Nulsidah mengaku, tidak tahu- menahu penyebab putusnya server yang terbesar di Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tersebut. Dia mengatakan, akibat kondisi itu, layanan data di Disdukcapil Kabupaten Jayapura khususnya untuk penerbitan KTP elektronik, Kartu Keluarga dan sejumlah dokumen kependudukan lainnya yang terkoneksi dengan internet tidak bisa diakses. Saat ini dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayapura hanya bisa melayani penerbitan surat keterangan kependudukan bagi warga.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *