Perubahan Anggaran Tidak Identik dengan Penambahan Anggaran

Muhammad Musa’ad (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Muhammad Musa’ad, menjelaskan bahwa APBD Perubahan tidak identik dengan penambahan. Melainkan, terdapat tiga komponen dalam perubahan yang dimaksud, yakni pergeseran anggaran, pengurangan anggaran atau penambahan anggaran.

“Kalau dulu itu kami sebut dengan Anggaran Belanja Tambahan (ABT). Namun, sekarang sudah tidak ada lagi ABT. Melainkan, APBD-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan). Di APBD-P ini ada tiga komponen, yakni perubahan anggaran yang bisa bergeser, perubahan anggaran yang bisa berkurang, maupun perubahan anggaran yang bisa bertambah,” ujar Muhammad Musa’ad, Kamis (22/8) kemarin.

Lanjutnya, perubahan itu tidak identik dengan penambahan anggaran. Hilangkan anggapan yang selama ini berkembang bahwa seakan-akan perubahan anggaran itu berarti penambahan anggaran. Sebaliknya, perubahan anggaran itu tidak identik dengan penambahan anggaran, melainkan perubahan bisa terjadi pergeseran anggaran, pengurangan anggaran, maupun penambahan anggaran,” sambungnya lagi.

Musa’ad mengaku bahwa proses perubahan anggaran tengah dipersiapkan. Oleh sebab itu, adanya informasi tentang alokasi dana tambahan pagu yagn diberikan, setiap kepala OPD diminta untuk segera melakukan penyesuaian terhadap tahapan-tahapan berikutnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *