Pasca Diamankan, 10 Orang Jadi Tersangka

JAYAPURA-Penyidik Satuan Reskrim Polres Mimika menetapkan 10 orang sebagai tersangka dari 45 orang yang diamankan saat unjuk rasa protes rasisme mahasiswa di Kabupaten Mimika, Rabu (21/8). Sementara 35 orang lainnya telah dipulangkan setelah dimintai keterangan.

   Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, sebanyak 10 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dan diproses hukum lantaran melakukan penyerangan terhadap kendaraan atau aset-aset Pemda, kendaraan yang lewat dan hotel Grand Mozza.

  “Penetapan tersangka berdasarkan keterangan saksi serta bukti rekaman kamera pengawas di lokasi pengrusakan,” tutur Kapolres saat dikonfirmasi  Cenderawasih Pos, Kamis (22/8).

   Adapun 10 tersangka tersebut telah ditahan dengan dikenai Pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap barang maupun orang secara bersama-sama. Satu orang tersangka diantaranya dijerat pasal berlapis atas kepemilikan senjata tajam.

  Selain itu lanjut Kapolres, pihaknya juga mengamankan barang  bukti berupa senjata tajam,  batu serta barang yang sudah dirusak.  “Situasi di Kota Timika sudah pulih dan kondusif, masyarakat telah beraktivitas seperti biasa. Aktivitas sekolah, perbankan hingga di pusat perbelanjaan berjalan sebagaimana biasanya,” tuturnya. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *