Di Samberpasi, Mahasiswa KKN UGM Bentuk Pokdawir

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey O Dageubun, S.Pi.,M.Si ketika meresmikan sejumlah kegiatan mahasiswa KKN UGM di Kampung Samberpasi, pekan lalu. Fiktor/Cepos

BIAK-Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogkarta di Pulau Samber Pasi, Distrik Aimando, Kabupaten Biak Numfor, berakhir, Jumat (16/8) lalu. Selama satu bulan di Pulau Samberpasi, mahasiswa yang berjumlah 30 orang itu melakukan sejumlah kegiatan nyata di masyarakat.

Salah satunya yang berhasil dibentuk adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdawir). Pembentukan Pokdawir itu sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang memberikan perhatian serius terhadap pengembangan sector wisata. Selain itu, Kampung Samberpasi juga merupakan salah satu tujuan wisata bahari di wilayah Aimando dan Padaido.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor memberikan apresiasi kepada mahasiswa UGM yang KKN di Samberpasi, banyak hal yang mereka sudah buat disana, salah satunya adalah dengan membentuk Pokdawir. Ini luar biasa, apalagi Pulau Samberpasi memang sudah dikelola sebagai tempat tujuan wisata bahari,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O Masnembra, SH.,MM yang saat itu menutup rangkaian kegiatan KKN Mahasiswa UGM itu.

Selain membentuk Pokdawir, mahasiswa KKN ini juga juga melakukan sejumlah kegiatan lainnya di masyarakat. Diantaranya, pembuatan kedai wisata sebagai daya tarik sektor pariwisata, membantu warga melakukan perekaman data kependudukan elektronik (e-KTP), dan sejumlah kegiatan lainnya di masyarakat serti pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan lainnya.

“Dalam program itu para mahasiswa ini juga membantu masyarakat mengurus e-KTP, jadi Kampung Samberpasi mereka jadikan kampung yang warganya 100 % memiliki e-KTP,” pungkasnya.

Sejumlah kegiatan itu diresmikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey O Dageubun, S.Pi, M.Si dalam acara Festival Kasumasa yang digelar oleh mahasiswa KKN UGM. Adapun sejumlah kegiatan itu adalah peresmian kedai pariwisata, peresmian Pokdawir, peluncuran 100 % masyarakat dengan e-KTP dan sejumlah lainnya.

Rencananya pada tahun 2020, UGM kembali akan menempatkan mahasiswany KKN di Kabupaten Biak Numfor. Mahasiswa KKN UGM sebanyak 30 orang itu dipimpin langsung oleh dosen pendamping Dr. Eng. Rachmat Sriwijaya, MT.(itb/tri)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *