358 Unit Kendaraan Dikembalikan

Gustav R Urbinas (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Sepanjang tahun 2018 hingga tahun 2019, Polres Jayapura Kota telah mengembalikan sekitar 358 unit kendaraan roda dua kepada pemiliknya. Dimana kendaraan tersebut merupakan curanmor yang berhasil diamankan oleh personil Polres Jayapura Kota, baik saat razia ataupun Patroli.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas menerangkan, selain telah mengembalikan 358 unit kendaraan. Ada ratusan kendaraan yang masih diamankan di Mapolres Jayapura Kota yang merupakan hasil razia dan Patroli, sehingga itu dirinya menghimbau kepada masyarakat yang  pernah kehilangan kendaraan untuk bisa mengeceknya di Polres Jayapura Kota ataupun Polsek jajaran.

“Bawa serta dokumen kendaraan saat mengecek kendaraannya, kami akan kembalikan kendaraan tersebut kepada pemiliknya tanpa dipungut biaya,” ungkap Kapolres.

Dilain sisi, Kapolres juga angkat bicara terkait pernyataan Anggota DPR Jhon Gobay yang menyatakan agar pihak Kepolisian membebaskan oknum Mahasiswa yang terlibat kasus pengadaan motor hasil curian.

Menurut Kapolres, apa yang disampaikan Jhon Gobay keliru. Sebab, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara hukum.

“Apapun alasannya, entah motor itu digunakan untuk aktifitas perkuliahan atau sebagainya oleh oknum mahasiswa yang ditangkap, tidak berpengaruh dalam proses hukum yang berjalan,” paparnya.

Dikatakan, siapa saja yang menyimpan menguasai, memiliki barang hasil curian pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan pasal 480 terkait penadaan dengan ancaman penjara 4 tahun 8 bulan.

Iapun menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat baik di Kota Jayapura maupun sekitarnya agar jeli apabila membeli motor. Menghindari penadahan kendaraan roda dua.

“Boleh beli motor murah tapi ingat, motor itu harus lengkap, kalau tidak lengkap dan dicurigai merupakan motor hasil kejahatan saya harap jangan apabila tidak ingin dipidanakan,” pungkasnya. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *