Gunakan Satelit, Akses Komunikasi Jayawijaya Terbatas

JAYAPURA – Terkait dengan kondisi jaringan di Wamena dan juga adanya aksi penyampaian pendapat dari pelanggan Telkomsel di Kabupaten Jayawijaya, yang mengakui jaringan telekomunikasi tidak maksimal.

Manager Network Service Telkomsel Jayapura, Erlyawan Budiman mengatakan, dalam penyelenggaraan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Jayawijaya,  tidak dapat dipungkiri juga dalam pembangunannya banyak tantangan yang pihaknya hadapi. Salah satunya adalah keterbatasan akses transport Backbone, terkait Bandwidth (capacity), Kemampuan (capability) dan juga investasi yang besar karena masih menggunakan akses transport backbone via satelite.

“Hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk terus membangun dan mempersiapkan infrastruktur Telekomunikasi yang handal dengan menghadirkan 26 BTS 2G, 23 BTS 3G dan 27 BTS  4G di Kabupaten Jayawijaya yang mana perangkat-perangkat tersebut juga telah selesai dimodernisasi.

Kami hadir di Kab. Jayawijaya dan daerah pengunungan lainnya untuk menjadi bagian dalam membangun NKRI dan mengembangkan potensi daerah serta konsisten untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Kabupaten Jayawijaya,” katanya kepada Cenderawasih Pos, melalui rilisnya, Jumat (16/8).

Diakuinya, dengan menggunakan jaringan melalui satelit, maka untuk mengoptimalkan BTS di Jayawijaya membutuhkan support akses transport backbone dengan kapasitas besar dan handal, dimana saat ini pihaknya sangat mengharapkan kehadiran jaringan Palapa Ring Timur yg sedang dibangun oleh pemerintah melalui Kominfo di daerah Kab. Jayawijaya agar dapat segera digunakan dan terintegrasi dengan minimal bandwidth yang dapat digunakan sekitar 2Gbps.

“Selain membangun dan mempersiapkan network kami berkontribusi pada kegiatan-kegiatan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya, seperti kegiatan FBLB yang baru saja berlangsung, begitu juga pada  event-event sebelumnya.

Dengan turut menjaga dan melakukan optimasi jaringan sedemikian rupa agar para wisatawan dan masyarakat tetap dapat lancar berkomunikasi sehingga turut memberikan kesan positif terhadap Kabupaten Jayawijaya,” terangnya.

Pihaknya sangat berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel. Telkomsel siap membangun Kabupaten Jayawijaya lebih maju.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada pelanggan Telkomsel atas penyampaian pendapatan yang diberikan kepada Telkomsel.

“Kami mengakomodir penyampaian pendapat tersebut agar dilakukan eskalasi lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan Telkomsel khususnya di Kabupaten Jayawijaya,” terangnya. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *