Tugas KPU Selesai, Sekarang Tugas DPRP!

Ferry Kareth SH M.Hum

14 Kursi Harus Dilantik Bersamaan

JAYAPURA – Mantan Ketua KPU Papua, Ferry Kareth SH M.Hum melihat bahwa setelah KPU memplenokan hasil penetapan caleg terpilih, maka tahap selanjutnya yang harus disiapkan justru harus dilakukan oleh DPR Papua. DPRP  perlu cepat menyiapkan perangkat atau langkah untuk proses pengangkatan anggota DPR dari 14 kursi. Pasalnya jika sesuai agenda, waktu pelantikan anggota DPRP nanti akan dilakukan Oktober atau dua bulan ke depan. Nah yang menjadi catatan bagi dosen hukum ini adalah pemilihan anggota DPRP dari kursi partai politik sudah rampung tinggal melanjutkan dengan 14 kursi.

“Jadi DPR yang ada saat ini jangan lupa bahwa proses pelantikan sangat dekat dan mereka harus menyiapkan bagaimana 14 kursi ini bisa dilantik bersama-sama Oktober nanti. Itu harus segera disiapkan,” kata Ferry Kareth melalui ponselnya, Kamis (15/8).

Ia mengingat untuk pelantikan sebaiknya dilakukan bersama-sama sebab jika terpisah maka sulit disebut DPRP. “Kalau sendiri-sendiri saya pikir itu sebutannya DPRD,” kata Kareth. Ia berharap serita kurang mengenakkan pada proses 14 kursi periode pertama ini tak terulang dimana hanya bekerja selama kurang lebih 2 tahun. Karenanya dengan pelajaran tersebut paling tidak tahun ini perencanaannya lebih matang dan pelantikannya tetap dilakukan bersama-sama.

Lainnya adalah Ferry  menyinggung bahwa 14 kursi biarlah diberikan kepada mereka yang berbasis adat, agama dan perempuan, jangan lagi diambil oleh mereka yang sebelumnya pernah duduk di parlemen dari kursi politik.

“Seperti tidak ada orang lain saja, yang sudah di politik janganlah mengambil kursi mereka yang berasal dari luar Parpol. Berikan kesempatan bagi mereka yang memang berasal adat, agama maupun perempuan,” imbuhnya. (ade/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *