Tak Kantongi Izin, Aksi Demo Simpatisan ULMWP Dibubar Polisi

SENTANI- Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat melakukan aksi demo di jalan dekat lampu merah Jalan Poros utama kota Sentani, Kamis (15/8). Mereka datang dengan membawa pamflet dan spanduk berisi tulisan yang menyatakan dukungan kepada ULMWP dalam Pasific Island Forum.

Belum diketahui pasti apa motif aksi demo yang dilakukan sekelompok orang itu. Namun dari spanduk dan tulisan yang dibawa sekelompok orang ini diketahui mereka merupakan simpatisan dari Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Pantauan ceposonline.com, aksi ini langsung mendapat respon dari pihak kepolisian Polres Jayapura. Polisi terpaksa membubarkan aksi itu karena mereka tidak mengantongi izin, setelah dibubarkan kelompok tersebut langsung dibawa ke Polres Jayapura guna diinterogasi lebih lanjut.

Kapolres Jayapura, AKBP Vikctor Macbon mengatakan, aksi itu tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Sehingga dianggap mengg anggu ketertiban umum dan akhirnya dibubar paksa.

“Sudah kami amankan dan sejauh ini sedang didalami apa motifnya. Sehingga kami belum menyimpulkan tujuan dari aksi itu,” terang AKBP Victor Macbon yang dihubungi media ini melalui sambungan teleponnya, Kamis (15/8).

Sementara itu, dari keterangan seorang saksi yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, sekelompok orang yang membawa gambar bendera bintang Kejora itu rencananya akan melanjutkan aksi itu ke pos tujuh Sentani. Akan tetapi respon cepat dari petugas keamanan akhirnya aksi itu dihentikan.

“Saya dengar tadi mereka mau ke pos Tujuh, tapi pak polisi datang,” paparnya.(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *