29 Siswa Dilepas Kegiatan Mengenal Nusantara

Penyamatan altribut oleh Wakil Wali Kota H. Rustan Saru dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda yang di dampingi oleh Pimpinan wilayah BRI Jayapura, Gde Winata dan Pimpinan BRI Kantor Cabang Jayapura, Hendri Manalu dalam kegiatan pelepasan siswa mengenal nusantara, Rabu (14/8) kemarin. Yohana/cepos

JAYAPURA – Terkait dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan program pertukaran pelajar dari Kementrian BUMN. Kali ini PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) ditunjuk sebagai PIC pelaksanaan kegitan tersebut.

Para siswa dan siswi Papua diberangkatkan sebanyak 29 orang ke Sulawesi Selatan dan 29 siswa dan siswi dari Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Papua. Program yang akan berlangsung selama 7 hari tersebut, para siswa akan diajak mengenal keragaman budaya yang berada di daerah yang akan di tuju.

Pimpinan Wilayah BRI Wilayah Papua, Gde Winata mengatakan, para siswa dan siswa yang mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan siswa SMA, SMK dan SLB. Kali ini para siswa yang akan diberangkatkan merupakan siswa yang dinilai berprestasi dan dipilih melalui tahab seleksi yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

“Di Papua dari tahun 2016 sampai sekarang rutin kami lakukan penukaran pelajar, semua sekolah diroling untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan semua sekolah bisa ikut merasakan program Siswa Mengenal Nusantara,” kata Gde kepada Cenderawasih Pos, Rabu (14/8) kemarin.

 

Lanjutnya, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan penukaran ini, adanya penambahan wawasan pengenalan budaya, wawasan pendisikan, wawasan entrepreneur yang nantinya para siswa diajak ke kantor BRI untuk melihat cara kerja BRI dan sebagainya dan wawasan pengenalan BUMN seta mengenalkan wawasan keberagaman budaya di Indonesia.

 

“Kami ingin memberikan pengenalan kepada para siswa bahwa BUMN bukan badan usaha yang bersifat profit tetapi dibalik itu ada egen development atau ada pertanggung jawaban sosial bagi masyarakat di Indonesia,” tambanya.

 

Diakui Gde, pelepasan siswa akan dilakukan Kamis (15/8) dan para siswa akan mengikuti kegiatan selama 7 hari. Keberangkatan akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Sementara itu. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda mengatakan program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program nasional yang dibawahi oleh Kementerian BUMN melalui kegiatan ini diharapkan dapat meperkenalkan Provinsi Papua kepada provinsi lainnya di Indonesia.

“melalui program ini, anak-anak Papua yang menjadi peserta dapat mengenal kebudayaan provinsi lain. Pastinya para siswa dari provinsi lain juga dapat mengenal Bumi Cenderawasih dengan berbagai budaya dan ciri khas dari Provinsi Papua,” katanya.

Menurut Elias, dengan adanya program SMN ini siswa dapat mengenal satu sama lain, sehingga keanekaragaman budaya di Indonesia juga dapat dipromosikan satu sama lain.pihaknya harap peserta dari Papua dapat membawah pulang hal-hal baik dari tempat yang dikunjungi dan peserta dari Makasar dapat memperoleh pengetahuan tambahan dari kunjungannya ke Papua. (ana/gin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *