KPU Jayawijaya, Yalimo dan Lanny Jaya  Tetapkan Caleg Terpilih

Penyerahan berita acara pleno Penetapan Caleg Terpilih KPU Jayawijaya, di Wamena,  Rabu (14/8) (Denny/ Cepos)

WAMENA- Tiga KPU Kabupaten di wilayah pegunungan tengah,  yakni Jayawijaya, Yalimo dan Lanny Jaya akhirnya menyelesaikan pleno penetapan caleg terpilih di wilayah masing –masing. Dimana KPU  Kabupaten Jayawijaya menetapkan sebanyak 30 caleg terpilih, KPU Yalimo dan Lanny Jaya masing-masing menetapkan 25 caleg terpilih.

    Komisioner KPU Jayawijaya Agustinus Aronggear mengakui jika Rapat pleno ini dilaksanakan sesuai yang sudah diatur oleh PKPU nomor 8 tahun 2019 tentang tata kerja KPU pasal 62 ayat 6 yang menyatakan dalam hal ini ketua KPU provinsi dan kabupaten/kota bila berhalangan rapat pleno ini terbuka dan dipimpin oleh salah satu anggota yang dipilih secara aklamasi.

  Menurutnya, dari 30 nama yang ditetapkan wajah lama dan wajah baru perbandingannya 50:50.  Setelah penetapan calon yang dilakukan oleh KPU, Lanjut Agustinus, akan dilakukan pengususulan. Tetapi proses pengusulan ini bersyarat, yaitu pengusulan dilakukan oleh KPU dan bagi caleg yang telah menyerahkan tanda terima LHKPN.

  Di tempat terpisah Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen mengakui jika dalam rapat Pleno penetapan caleg terpilih KPU Yalimo telah menetapkan 25 orang caleg terpilih untuk daerah pemilihan 1 untuk elelim dan Apalapsili itu 7 orang calon , sedangkan daerah dapil 2 Welarek Benawa ada 9 calon, dan daerah pemeilihan 3 di Distrik Abenaho itu ada 9 orang caleg.

  “Untuk anggota yang ditetapkan ini masih 50 yang baru : 50 yang lama begitu juga dengan parpol, namun ada 3 parpol yang tidak mendapatkan kursi di legislative Yalimo seperti partai Golkar, Perindo dan Berkarya,”bebernya

  Secara terpisah Kapolres Jayawijaya melalui Wakapolres Jayawijaya AKP Leonardo Yoga mengakui jika untuk jadwal Pleno penetapan KPU khususnya diwilayah hukum Polres Jayawijaya hanya KPU Jayawijaya dan Yalimo, dan sampai saat ini situasi kantibmas aman kondusif di dua Kabupaten ini, hal ini karena pihaknya telah melakukan langkah preventif.

     Sementaraitu, KPU Kabupaten Lanny Jaya mengelar pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD kabupaten Lanny Jaya pemilihan umum tahun 2019 di Lantai 11, Hotel Aston Jayapura,  Rabu (14/8). “Kami telah menetapkan anggota DPRD Lanny Jaya berjumlah 25 kursi, pleno berjalan lancar,”ujarnya. (jo/oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *