Mandenas Pastikan Tak Tinggal Diam

JAYAPURA – Politisi Yan Mandenas harus menerima hasil putusan Mahkamah Konstitusi yang memutuskan tak satupun gugatan dari Papua yang dikabulkan. Alhasil ia dengan sendirinya tersingkir dalam peta politik tahun ini.

Namun lama tak terdengar kabarnya, ternyata politisi Partai Gerindra yang kemarin maju sebagai calon anggota DPR RI dari Papua kini lagi sibuk mengisi waktu dengan plesiran. Saat terhubung kemarin ia sedang berada di Sorong untuk kegiatan menyelam.Selain itu beberapa postingannya di media sosial terlihat i sibuk mengurus beberapa organisasi.

“Sekarang saya lebih banyak istirahat, memanfaatkan waktu dengan keluarga sambil melihat peluang apa yang bisa dilakukan,” kata Mandenas.

Namun tak lagi menjabat sebagai DPR, Yan mengaku tak ingin tinggal diam. Ia akan tetap memberikan masukan kepada pemerintah dengan caranya. “Tugas kami untuk mendorong pembangunan di Papua tak hanya dengan status DPR aktif. Setelah putusan MK, tanpa DPR pun saya akan tetap mengkritisi kebijakan yang ada. Ini untuk memberi rasa adil bagi semua,” jelasnya.

Dua catatan pentingnya adalah terkait Otsus yang mau berakhir dan agenda PON juga sudah di depan mata.

“Belajar dari Jawa Barat yang jauh lebih siap ternyata tetap amburadul apalagi Papua yang masih adem ayem dan masih jauh dari harapan. Papua harus hati-hati,” wantinya. Lalu soal Otsus yang menurut Mandenas anggarannya akan berakhir tahun 2022. Pemerintah perlu mengambil langkah strategis agar Otsus diteruskan atau harus dievaluasi lebih dulu sebab sejak 2001.

“Saya melihat belum ada perubahan yang signifikan. Pembangunan dalam era Otsus masih berorientasi pada infrastruktur dan disitulah saya akan tetap menempatkan posisi saya,” singkatnya.

Soal apakah akan kembali ke politik, penyuka club bola Chelsea ini mengatakan bahwa lima tahun rehat ia tetap mempersiapkan untuk maju kembali dan ia mendukung siapapun yang terpilih di tahun 2019 ini. “Yang jelas saat ini saya coba lebih coolingdown sambil melihat peluang. Keinginan maju tetap ada,” imbuhnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *