Kementerian PPPA Minta Kebutuhan Anak Jalanan Dirinci

Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo saat melakukan penutupan FBLB ke 30 di Welesi, pekan kemarin. (Denny/Cepos)

WAMENA – Pemda Jayawijaya diminta oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk merinci apa yang dibutuhkan dalam pembinaan anak –anak jalanan di Wamena. Rincian itu diharapkan dituangkan dalam bentuk proposal, yang juga akan diteruskan lagi ke lintas kementerian untuk menjawab itu.

    “Kita sudah mendapat penyampaian dari Kementerian PPPA kemarin, dan saat ini pemda akan mendorong untuk pembuatan perincian atau proposal kepada Kementerian PPPA untuk membantu anak –anak jalanan di Jayawijaya.” ungkap Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo, Senin (12/8) kemarin.

   Kata Sekda Walilo, soal perlindungan atau hak –hak anak seperti sekolah, penyiapan alat peraga itu menjadi tanggungjawab kementrian PPPA untuk menyelesaikan permintaan itu. Karena itu, perlu dibicarakan dengan OPD teknis bagaimana penyiapan data yang diperlukan itu.

   “Masalah ini akan kita rapatkan dan saya meminta kepada OPD teknis untuk menyiapkan data yang kita butuhkan untuk membuat proposal itu, namun sebelumnya ini harus dilakukan koordinasi antara OPD,”kata Sekda Jayawijaya.

   Menurut Sekda, mungkin OPD teknis seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB serta Dinas Sosial bisa melakukan koordinasi terkait dengan data ini, agar data yang dimiliki soal kebutuhan anak jalanan ini bisa sinkron dan penyiapan proposalnya juga bisa dibuat dengan data yang benar ada dilapangan.

  Sekda juga menyatakan bahwa, setelah mendapat penyampaian lisan ini maka pemda Jayawijaya akan bergerak cepat untuk mencari data yang dibutuhkan. Apabila sudah didorong harapannya juga bisa cepat terealisasi program dari kementerian atau dari pusat kepada daerah.

   “Soal cepat atau lambat realisasi atau jawaban dari kementerian nantinya tergantung pada persiapan pemda dalam mendorong apa yang diminta oleh kementerian PPA, kalau kita cepat dorong maka mungkin programnya juga bisa cepat diturunkan ke daerah,”bebernya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *