Baru 45 Unit Motor yang Diambil Pemiliknya

CEK MOTOR: Sejumlah warga sedang mengecek sepeda motor hasil temuan Polres Jayapura Kota selama tahun 2018-2019 di lapangan karang PTC Entrop, Sabtu (9/8). (Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Ratusan masyarakat Jayapura, Sabtu (10/8) lalu, memadati Lapangan Karang PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan untuk melihat kendaraan roda dua milik mereka yang pernah hilang. Dari warga yang datang tersebut, ada yang mengaku kendaraannya hilang sejak tahun 2017 dan ada juga yang hilang tahun ini.

Dari ratusan motor yang akan dikembalikan, baru 45 unit motor yang telah diambil pemiliknya dan dikembalikan secara cuma-cuma.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas mengatakan, dalam pelayanan sehari Polres Jayapura Kota pengembalikan kendaraan roda hasil temuan Polres Jayapura Kota selama tahun 2018-2019 sebanyak 580 unit. Namun, secara fisik yang dihadirkan di Lapangan sebanyak 258 unit sementara 322 unitnya berada di Polsek Jajaran maupun Satuan Lalulintas  dengan pertimbangan rusak berat.

“Dari  ratusan kendaraan tersebut, sebanyak 45 unit telah dikembalikan secara cuma-cuma kepada pemiliknya tanpa dipungut biaya setelah mereka menunjukan surat kendaraannya,” ucap Kapolres.

Adapun 45 unit tersebut terdiri dari Reskrim 15 unit, Lantas Polres Jayapura Kota 3 unit, Polsek Abepura 8 unit, Polsek Jayapura Selatan 10 unit dan Polsek Jayapura Utara sebanyak 5 unit.

Dikatakan, dalam pelayanan sehari pihaknya dengan semangat kemerdekaan. Para pemilik yang sudah mengambil kendaraannya juga diberikan makanan gratis oleh panitia. Selain itu, diberikan bendera merah putih untuk dipasang di kendaraannya.

“Bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan bekas,  agar diteliti kelengkapan dokumennya terlebih dahulu. Apabila meragukan, bisa berkoordinasi dengan Polsek terdekat sehingga masyarakat terhindar dari membeli barang curian yang  dapat disangka dengan pasal 480KUHP,” jelasnya.

Bagi yang belum sempat hadir Sabtu (10/8), pelayanan tetap akan dilanjutkan pada Senin (12/8) hingga Rabu (14/8), dimana pihaknya menempatkan personel di Lapangan Karang Entrop. Setelah itu, ratusan unit kendaraan tersebut akan dikembalikan ke gudang penampungan milik Polres Jayapura Kota.

Dikatakan, dalam pelayanan sehari. Rata-rata personel Polres Jayapura Kota tidak menggunakan pakaian dinas, dengan harapan dapat memancing masyarakat untuk datang ke lokasi melihat kendaraannya.

“Saya lihat antusiame masyarakat cukup banyak, sampai dengan hari Rabu nanti kami harap masyarakat lainnya bisa ke Lapangan Karang untuk melihat kendaraan tersebut. Siapa tahu dari ratusan kendaraan tersebut ada kendaraan milik  mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Aswin salah seorang warga yang menemukan dua unit motor miliknya mengatakan motornya merk CB hilang pada tahun 2018. Sementara CBR hilang tahun 2019, di tempat kosnya.

Dikatakan, setelah hilang ia membuat Laporan Polisi (LP) di Polsek Jayapura Selatan dan Polsek Abepura dan semenjak itu tak lagi mencari dua kendaraannya itu.“Saya lihat di pemberitaan kalau ada pengembalian kendaraan roda dua, saat saya cek ternyata dua kendaraan saya ada,” ungkapnya.

Iapun menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah menemukan  kendaraannya tersebut.

Di tempat yang sama, Simon petani sayur yang kendaraannya hilang sejak tahun 2018 ditemukan oleh pihak Kepolisian. Menurutnya, kendaraannya hilang saat kreditnya baru dibayar selama 8 bulan. “Selama motor itu hilang, saya tetap membayar cicilannya hingga lunas,” ucapnya sembari menangis.

Simonpun menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah menemukan kendaraan roda duanya, dimana saat kendaraan tersebut hilang ia membuat Laporan Polisi di Polsek Abepura. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *