Sate Qu Untuk Papua

JAYAPURA. Hari Raya Idul Adha tahun 2019 bertepatan dengan hari Minggu (11/8). LAZ As Salaam Jayapura melakukan melalui Program Sate Qu (Salur dan Tebar Qurban) melakukan kegiatan qurban pada tanggal 11 hingga 14 Agustus mendatang. Kegiatan hari pertama dilaksanakan seusai kaum muslimin melaksanakan sholat Idul Adha. Bertajuk #BerbagiHinggaPelosok, kegiatan Program Sate Qu dilaksanakan dibeberapa daerah di Provinsi Papua.

Direktur LAZ As Salaam Jayapura Mohamad Huri, S.KM., M.Kes mengatakan “Jumlah hewan qurban yang terkumpul melalui Program Sate Qu pada tahun 2019 berjumlah 18 hewan qurban yang terdiri dari 15 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Jumlah tersebut disebar ke 7 daerah di Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Merauke, Kabupaten Kepulauan Yapen, dan Kabupaten Nabire. Dan dalam rangka mengurangi jumlah limbah plastik dan dampak negatifnya, LAZ As Salaam Jayapura menggunakan produk innovatif masyarakat yang ramah lingkungan yaitu besek bambu sebagai tempat daging qurban.

Terkait pelaksanaan qurban yang dilaksanakan oleh LAZ As Salaam Jayapura di Kota Jayapura, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Papua Drs. I Nyoman Polos mengatakan “Dari hasil pemeriksaan, hewan qurban yang ada di LAZ As Salaam Jayapura dinyatakan aman bebas dari penyakit sehingga daging dan jeroan dapat dikonsumsi oleh masyarakat”.

Selanjutnya, I Nyoman Polos menyambut positif dan mengapresiasi LAZ As Salaam yang telah menggunakan besek bambu sebagai alternatif tempat daging qurban. Karena, dengan besek bambu dapat menghindari kontaminasi adanya timbal dan zat kimia berbahaya lain yang terdapat dalam plastik. Selain itu, besek bambu juga ramah lingkungan”.

Ditempat yang sama, Sekretaris Yayasan As Salaam Jayapura Abdul Majid M.MPd menyampaikan Iinnovasi tempat daging qurban yang dilakukan LAZ As Salaam Jayapura berupa besek bambu sangat baik. Seiring dan Sejalan dengan Instruksi Walikota Jayapura Nomor 1 tahun 2019 tentang penerapan penggunaan kantong belanja alternatif pengganti kantong plastik di Kota Jayapura untuk mengurangi limbah plastik dan dampak negatifnya.

Kegiatan Program Sate Qu LAZ As Salaam pada hari pertama (11/8) dilakukan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Nabire berjumlah 13 hewan qurban. Kegiatan akan dilanjutkan pada hari tasrik pertama, kedua dan ketiga bertempat di Kabupaten Keerom, Sarmi, dan Merauke dengan jumlah hewan qurban 5 ekor. (Yos)

Sekretaris Yayasan As Salaam dan Direktur LAZ As Salaam Jayapura memberikan daging qurban kepada peserta qurban. foto kanan: Besek Bambu tempat daging qurban Program Sate Qu LAZ As Salaam Jayapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *