Dijadikan Milik Pribadi, Bantuan Alsintan Bakal Ditarik

Para petani  saat melakukan pertemuan dengan Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L. Hamzah di rumah aspirasi, Merauke,  Kamis (8/8). Sulo/Cepos

MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Drs. H. Sulaeman L. Hamzah menegaskan akan menarik kembali bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)  yang dikuasai secara pribadi.  “Kita akan menarik kembali bantuan alat mesin pertanian yang diberikan kepada kelompok petani,  tapi dikuasai secara pribadi, ” kata Politisi Partai Nasdem tersebut kepada wartawan di Merauke,  Kamis (8/8).

      Menurut Sulaeman Hamzah,  bantuan Alsintan tersebut diberikan untuk dipergunakan secara  bersama.  Penguasaannya bukan secara pribadi.

“Sangat jelas bantuan diberikan secara kelompok bukan perorangan. Ketika ada  penguasaan secara pribadi seperti itu maka kita harus tarik kembali dan akan diserahkan kepada  orang yang lebih amanah, ” jelasnya.  Adanya penguasaan secara pribadi atas bantuan Alsintan dari aspirasi tersebut terungkap dalam pertemuan dengan Sulaeman Hamzah kemarin.

“Saya juga sudah mendapatkan banyak laporan dan informasi dari para petani soal ini,  sehingga evaluasinya  ya Alsintan itu  kita tarik kembali, ” tandasnya. Sementara  batuan alsintan yang dipergunakan sesuai dengan peruntukannya maka tidak akan bergeser ke tempat yang lainnya. Tetap di kelompok. Hanya ketua kelompok yang akan diganti sehingga bisa dijamin kesehatan alat pengelolaan  alat seluruhnya.

   Menurut Sulaeman Hamzah, evaluasi yang ia lakukan ini sebagai bagian dari tanggungjawabnya  yang  menyalurkan bantuan   tersebut dari aspirasi yang disampaikan oleh para petani dan nelayan  saat turun ke masyarakat. ’’Ini   adalah  bantuan  yang diberikan oleh pemerintah melalui aspirasi  yang disampaikan  petani kepada saya selaku anggota  DPR RI ketika  turun ke petani. Sehingga tetap menjadi tanggung jawab saya sehingga saya lakukan ini untuk mempersiapkan  untuk periode berikutnya daerah mana yang belum mendapat pelayanan   untuk   mendapatkan  bantuan,’’ terangnya.   

   Dijelaskan, selama  5 tahun menjadi anggota DPR RI, jumlah bantuan alsintan yang diberikan  untuk Papua  lebih dari 400 unit  dan terbanyak  berada di Kabupaten Merauke. Merauke lebih banyak mendapatkan alokasi  Alsintan tersebut, karena Merauke selama ini dikenal sebagai lumbung  pangan nasional. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *