Jauhi Zona Merah

PSIS 1 vs Persipura 3

JAYAPURA-Persipura Jayapura kembali mendulang poin sempurna pada lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 usai mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 1-3 di Stadion Moch Soebroto Magelang, Selasa (6/8) malam kemarin.

Tambahan tiga poin ini membuat tim Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura menjauhi zona merah atau zobna degradasi klasemen sementara Shopee Liga 1. Dengan koleksi 13 poin, Persipura saat ini berada di peringkat 11.

Tiga gol kemenangan Persipura Jayapura dicetak melalui gol cepat Titus Bonai ketika pertandingan baru berjalan 1 menit. Kemudian disusul oleh gol Muhammad Tahir dimenit 58’ dan gol menawan Todd Rivaldo Ferre di menit 64. Sementara gol tuan rumah dicetak oleh Hari Nur Yulianto pada menit 17’.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan ketiga Jacksen F. Tiago dari empat partai yang sudah dilakoni bersama Persipura setelah memutuskan balikan bersama tim yang telah membesarkan namanya itu.

Dalam pertandingan ini, Jacksen kembali menunjukkan strategi jitunya dengan menerapkan formasi 4-3-3. Jacksen kembali melakukan beberapa perubahan dalam posisi pemainnya. Seperti Oh In-kyun yang biasanya membangun serangan dari tengah kali ini lebih bermain ke kiri luar. Begitu juga dengan Yohanis Tjoe yang kembali diplot menjadi wing kiri.

Meski tuan rumah sempat mengimbangi permainan Persipura pada babak pertama sehingga skor berakhir 1-1. Namun memasuki babak kedua, dengan masuknya tenaga baru Gunansar Mandowe dan Ian Louis Kabes, kian membuat permainan Persipura beringas dari babak pertama. Persipura kian agresif, justru sebaliknya PSIS Semarang tidak bisa bangkit dari tekanan anak-anak Mutiara Hitam.

Permainan Persipura juga kian greget dengan aksi individu yang dipertontonkan oleh duo wonderkids Persipura, Todd Rivaldo Ferre dan Gunansar Mandowen. Kedua pemain mungil tersebut berhasil membuat ketar-ketir lini pertahan lawan. Bahkan, gol Todd pada menit 64 berkat kerja sama kedua pemain muda tersebut.

Secara statistik pertandingan babak kedua, Persipura berhasil unggul dalam penguasaan bola dengan 52 persen berbandingn 48 persen. Soal shot on goals, Persipura juga unggul 8 berbading 5.

Pelatih kepala Persipura, Jacksen F. Tiago mengatakan bahwa pemainnya berhasil menerapkan strategi dengan baik, meski hanya memiliki masa recovery yang cukup singkat namun tidak memengaruhi performa permainan pemainnya.

“Bersyukur kepada Tuhan kita bisa mendapatkan poin maksimal, kita bersyukur karena usaha kita setiap hari bisa dijalankan dengan baik oleh pemain, dan itu tidak lepas dari kerja keras di lapangan serta dukungan doa dari masyarakat Papua yang selalau mendukung kami sehingga bisa meraih hasil maksimal,” ungkap dalam konfrensi perss usai pertandingan.

Dijelaskan juga bahwa timnya pada babak pertama tidak begitu beringas. Sehingga saat jeda, Jacksen memberikan motivasi kepada pemainnya. Alhasil, usai dari ruang ganti, anak-anak Mutiara Hitam tampil garang dengan menambah dua gol pada babak kedua.

“Di ruang ganti, pemain mengakui kesalahan mereka pada babak pertama, sehingga kita berikan masukan dan mereka keluar dengan motivasi bisa berikan kemenangan buat kita,” ujarnya.

Jacksen juga enggan membeberkan mengenai penampilan individu pemainnya. Termasuk dua pemain muda Persipura Todd Ferre dan Gunansar Mandowen yang bermain sangat memukau.

“Sepak bola permainan tim. Semua komponen dalam tim memiliki peran yang sama. Tidak satu pun pemain yang diberikan pujian yang luar baisa, dari kiper sampai striker semua luar biasa dalam pertandingan,” ucapnya.

Menurut pelatih berpaspor Brasil itu, penampilan apik timnya tidak lepas dari usaha latihan keras yang terus dilakukan oleh pemain Persipura.

“Saya coba menciptakan intensitas dalam latihan, sehingga kita bisa melihat dalam pertandingan tadi. Pertandingan berat, benturan terus terjadi tapi pemain kita tetap masih segar, itu salah satu fokus saya dalam latihan selama ini,” ujarnya.

Meski sukses meraih tiga poin, Jackes juga tetap mengakui jika timnya masih memiliki beberapa kekurangan. Namun itu akan dibenahi jelang pertandingan berikutnya, saat menjamu Kalteng Putra pada 14 Agustus di Stadion Mandala Jayapura.

“Selalu ada seuatu yang kita perbaiki dalam tim, bukan karena sukses tim kita tanpa celah. Seperti proses terjadinya gol lawan, pemain tahu apa yang terjadi tapi itu wajar kita akan bawa dalam latihan untuk persiapkan laga berikutnya. Jelas ada beberapa hal lain yang kita benhai, seperti organisai pertahanan, sebelumnya saya melihat jarak antar pemain itu begitu longgar, dan kita akan perbaiki,” katanya.

Pelatih yang pernah mencicipi tiga gelar juara bersama Persipura itu juga merasa bangga dirinya kembali bisa meraih tiga poin away. Pasalnya, moment tersebut hanya bisa diraih oleh Jacksen bersama Persipura.

“Saya jujur sudah rindu soal itu, karena selama beberapa tahun akhir ini saya sulit dapat poin di luar kandang. Tapi saat ini bersama Persipura bisa dapat nilai seprti itu sangat luar biasa,” ungkapnya.

Hal senada juga disampikan oleh pencetak salah satu gol kemenangan Persipura, Todd Rivaldo Ferre. Menurutnya, kemenangan mereka tidak lepas dari kinerja rekan-rekannya yang sukses menjalankan strategi dari sang pelatih.

“Kami sangat bersyukur kepada Tuhan dengan hasil yang kami dapatkan, ini merupakan hasil usah kerja keras kami. Apa yang pelatih sampaikan dalam latihan, kami bisa terapkan dengan baik dalam pertandingan. Terima kasih kepada suporter juga yang datang memberikan dukungan buat kami,” tandasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *