DAS Minta DLH Bersihkan Danau Sentani

Danau Sentani dipenuhi sampah pasca bencana banjir bandang, mirisnya hingga saat ini belum kunjung dibersihkan, Selasa (30/7). (Robert Mboik Cepos) 

SENTANI- Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Demas Tokoro meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura untuk segera membersihkan Danau Sentani dari sampah yang menumpuk di beberapa lokasi sejak kejadian banjir bandang yang terjadi pada 16 Maret lalu.

“Sampah menumpuk dan kami meminta agar ini segera dibersihkan oleh dinas terkait supaya bisa kembali bersih seperti semula,” kata Demas Tokoro kepada Cenderawasih Pos, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (30/7).

Dia mengatakan, akibat banyaknya sampah yang menumpuk di beberapa lokasi sangat mengancam rusaknya ekosistem yang ada di Danau Sentani. Selain itu kondisi ini juga sangat mengancam para motoris yang lalu-lalang menyeberangi Danau Sentani.

“Di danau ini kan setiap hari ada motoris, mereka beraktivitas di situ setiap saat dan sangat mengancam keselamatan mereka,” katanya.

Untuk itu, dia berharap Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura untuk segera memperhatikan masalah yang sudah berlangsung lama sejak Maret lalu.

Pantauan Ceposonline.com di sejumlah titik terdapat tumpukan sampah yang hanyut saat terjadi bencana banjir bandang pada16 Maret lalu.

Sampah-sampah itu berasal dari berbagai material mulai dari batang kayu, dedaunan dan sampah rumah tangga yang masih mengapung di atas permukaan danau. Warga juga berharap agar kondisi itu segera diperhatikan.

“Kami minta kalau bisa pemerintah perhatikan kebersihan danau sentani,” ungkap Frengki salah satu warga yang beraktifitas di Pantai Yahim. (roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *