Ketua DPRP Singgung Kebijakan Pemkot

Yunus Wonda menunjuk lokasi galian bukit yang berada di Jl Percetakan Jayapura. Ia menganggap galian tersebut suatu saat akan menimbulkan potensi bencana.(gamel-cepos)

JAYAPURA – Ketua DPR Papua, Dr Yunus Wonda menyinggung aktifitas galian dan pengikisan bukit yang dilakukan di Jl Percetakan Jayapura persisnya disamping Hotel Horison Jayapura. Pasalnya dengan kondisi bukit yang sudah dibuka seperti itu maka diyakini akan terjadi perubahan sewaktu-waktu terutama ketika hujan. “Saya kira dampaknya nanti cukup besar. Di bawah situ ada jalan poros dan jika terjadi longsoran bisa saja materialnya akan menutupi badan jalan dan bila sudah terjadi apakah Pemkot berani bertanggungjawab protes warga?,” kata Yunus Wonda, Jumat (26/7).

Penyampaian ini dilakukan spontan dimana ketika ia turun dari helikopter usai mencoba helipad, Yunus memperhatikan Kota Jayapura dari bagian atas dan galian tersebut terlihat cukup menonjol. “Kami minta yang begini-begini harus dipikirkan baik. Erosinya cukup besar dan sekalipun nanti ditalud atau pakai tembok namun ketika ini sudah disentuh maka suatu saat akan memberi dampak,” jelas Yunus. Kata Yunus di bagian bawah ada akses jalan dan di atas ada perumahan. “Setahu saya dulu disebelahnya pernah terjadi longsoran dan ada yang meninggal, nah itu tidak ada galian tapi yang ini justru ada galian. Kami khawatir akan terjadi sesuatu nantinya,” bebernya.

Yunus meminta Pemkot mengkaji lebih jauh dari aktifitas seperti itu. Jangan karena “meloby” cukup kuat akhirnya ijin dikeluarkan. “Miris memang, kota sudah padat akhirnya bukit dikikis. Katanya pembangunan di arahkan ke muara tami tapi ini sudah sesak masih juga digali,” pungkasnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *