Sosialisasi PON, Seluruh OPD Dilibatkan

Robert Mboik Cepos

Salah satu spanduk berisi sosialisasi PON milik Pemda Jayapura di pintu masuk Kantor Bupati Jayapura, Senin (22/7).

SENTANI- Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Jayapura diwajibkan ikut serta dalam mensosialisasikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

“Seluruh OPD wajib mensosialisasikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional Papua di Kabupaten Jayapura,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabupaten Jayapura, Yaan Yoku saat ditemui Cepos Online.com di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura,Senin (22/7).

Dia mengatakan mengenai keterlibatan OPD dalam sosialisasi itu berupa pemasangan baliho dan spanduk yang berisi tulisan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional di Papua dimana salah satu tempat penyelenggaraannya akan berlangsung di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, melalui sosialisasi itu semua masyarakat mengetahui adanya penyelenggaraan PON itu di Papua. Ini juga sekaligus menegaskan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Jayapura ini serius mempersiapkan diri menyongsong penyelenggaraan event tersebut.

“Ini baru di Kota Sentani, sudah ada kebijakan secara umum dan sudah disampaikan ke setiap OPD. Kebetulan ini juga terkait dengan persiapan menyambut go Adipura,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu keterlibatan setiap OPD itu sudah dibagi dalam jadwal sesuai dengan wilayah masing-masing baik saat melakukan kegiatan pembersihan maupun lokasi atau tempat untuk pemasangan spanduk sosialisasi PON. “Misalnya OPD A dapat tugas dari wilayah batas Kota sampai di Jembatan Dua, dia tidak saja melakukan pembersihan, tetapi dia juga harus memasang baliho atau umbul umbul yang intinya terkait sosialisasi PON. Sehingga go Adipura dan persiapan PON ini sama sama jalan,” tandasnya.

Dikatakan, sejauh ini beberapa organisasi perangkat daerah di Kabupaten Jayapura sudah mulai mengambil langkah nyata dengan memasang sejumlah baliho dan papan informasi yang berkaitan dengan sosialisasi PON Papua tersebut. Keterlibatan semua OPD ini juga untuk mengatasi minimnya anggaran sosialisasi yang seharusnya disediakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura.

“Ini baru langkah awal, nanti kita akan kolaborasi dengan dinas lingkungan hidup, karena mereka yang mengurus kebersihan kota dan kita padukan dengan itu untuk sosialisasi PON,” ungkapnya.

Untuk itu dia berharap kepada seluruh OPD khususnya yang belum mengambil bagian dalam kegiatan sosialisasi ini agar mulai bekerja sama dan terus mendukung agar go Adipura dan persiapan Pekan Olahraga Nasional di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura ini sukses terlaksana.

“Sudah ada surat dari Sekda yang menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk menyiapkan baliho sosialisasi PON ukuran 3×4,” tambahnya(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *