IBI Papua Kembangkan KTA Didan Berbasis Online 

Ketua IBI Papua Anike Rawar saat pemotongan kue ulang tahun pada puncak perataan HUT IBI Ke – 68 di Hotel Horison Kotaraja, Jumat, (19/7). (Noel/Cepos)

JAYAPURA – Bertepatan dengan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Papua ke – 68. IBI Akan kembangkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Bidan berbasis online, guna mendata setiap bidan di 28 Kabupaten dan satu kota di Provinsi Papua.

“Bidan Indonesian pada umur ke 68 yang jatuh padsla 24 juli  namun kegiatannya digelar  hari ini, (jumat 19/7) dalam kesempatan ini kami memiliki kesempatan untuk memiliki kartu anggota bidan secara online,” kata Ketua IBI Anike Rawar kepada Cenderawasih Pos, usai acara itu di Hotel Horison Kotaraja, Jumat, (19/7).

“Para bidan akan dilatih oleh narasumber dari tenaga bidan dari pusat, untuk bisa menggunakan aplikasi ini dan bermanfaat bagi bidan tersebut,” katanya.

Ia mencontohkan di Kabupaten Mimika yang jumlah bidangnya ada 101 maka jumlah ini juga harus ada datanya sama di provinsi dan juga pusat tetapi selama ini berbeda.

“Dengan adanya kartu anggota secara online ini maka bidan tersebut dapat mendata dirinya  dan membuat data bagi dirinya dan tidak lagi mengurus ke Jakarta tetapi dengan aplikasi ini kami suda bisa terdata data bidan dan KTA ini sangat berkaitan dengan data bidan selanjutnya,” katanya.

Namun, dalam penerapannya ia mengaku untuk wilayah yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi dan internet akan sangat kewalahan memiliki KTA tetapi akan ditolong oleh pengurus di provinsi.

“Kami akan tolong maka kegiatan ini akan terintegrasi dengan beberapa kabupaten yang lokasi geografisnya sangat susah dan juga masalah intetnetnya. kami pengurus siap membantu teman-teman di daerah yang ada di 28 Kabupaten dan 1 kota di Papua untuk bisa mengupdate datanya semua bidan di Papua,” katanya, (oel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *