MRP Sudah Miliki Keterwakilan Pemuda

Timotius Muribn (Takim/Cepos)

Timotius Murib (Takim/Cepos)

JAYAPURA – Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib mengakui bahwa menghargai atas pendapat da usulan Ketua KNPI yang menginginkan adanya Pokja Pemuda di dalam MRP.

“Kami sangat menghargai pendapat ketua KNPI, namun MRP tentu melalui berbagai pertimbangan dalam melihat ususlan atau pendapat tersebut,” ujar Murib pada Cenderawasih Pos, Minggu (21/7).

Murib menyampaikan bahwa sangat banyak wadah untuk tokoh pemuda dalam menyampaikan aspirasinya baik oraganisasi nasional maupun lokal seperti KNPI, Karang tTruna, AMPI dan yang lainya.

“Saya rasa begitu banyak wadah pemuda yang bisa digunakan oleh tokoh pemuda jika ingin mengisi pembangunan dan kontribusi terhadap pemerintah daerah maupun pusat,”jelasnya.

Bagi Murib usulan terhadap keberadaan Pokja pemuda ini akan menimbulkan tumpang tindih, karena menurutnya pokja adat yang ada saat ini tentu sudah memwakili tokoh pemuda tersebut.

“Yang namanya pokja adat itu suda ikut semua elemen masyarakat didalamnya termasuk pemuda adat atau pokja pemuda yang diusulkan tersebut,”paparnya.

Dimana jika Pokja pemuda yang diusulkan tersebut tetap diadakan di MRP tentu akan melalui banyak tahapan seperti UUD 21 Otsus dirubah atau di amandemen. Jika itu tidak dilakukan maka pokja pemuda tidak akan bisa ditindak lanjuti.

Dirinya mengakui 3 pokja yang ada di MRP saat ini yakni Pokja Adat, Pokja Perempuan dan Pokja Agama sudah sangat efektif dalam hal ini bisa menampung sN mewakili asprasi semua elemen masyarakat Orang Asli Papua (OAP).

“Saya harap tokoH pemuda memberikan kontribusi dalam melihat apa yang kUrang dari otonomi khusus ini dan apa saja yang sudaH dilakukan dan jika nanti dIlanjut apa yang harus dirubah, sehingga betul-betul dIrasakan oleh masyarakat OAP,”paparnya.

Kata Murib, lebih baik tokoh pemuda membuat sebuah catatan khusus yang menjadi kekurangan otonomi khusus lalu disampaikan ke MRP.(kim/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *