Biak Cocok Untuk Sekolah Tinggi Jurusan Eksakta

Dr. Suriel S. Mofu, SPd, MEd , TEFL, MPhil (Oxon) (Fiktor/Cepos)

BIAK-Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua dan Papua BaratLLDIKTI Wilayah  XIV Papua dan Papua Barat Dr. Suriel S. Mofu, S. Pd. , M. Ed. , TEFL. , M. Phil (Oxon) mengatakan, Kabupaten Biak sangat cocok dijadikan sebagai tempat pembukaan sejumlah sekolah tinggi dengan jurusan eksakta.

  Misalnya saja, Sekolah Tinggi Teknik Penerbangan, Sekolah Tinggi/Politeknik Kelautan atau Perkapalan, dan kedokteran perguruan tinggi swasta. Dia menilai, Biak sangat tepat dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan tinggi jurusan itu karena dapat didukung dengan berbagai sector, misalnya saja teknik penerbangan selain kondisi bandara dan keberadaan TNI AU bahkan skuadron pesawat.

  Selain itu, lanjutnya, demikian halnya dengan teknik perkapalan dan kelautan, serta kedokteran. Dukungan lainnya yang dimaksud, juga seperti keberadaan Perkantoran LLDIKTI yang sementara dalam proses pembangunan juga dinilai akan membantu operasional atau kebaradaan sekolah tinggi itu.

  “Dari berbagai sisi memang Biak paling strategis jika dibandingkan dengan daerah lainnya, kalau dilihat dari sisi dukungan. Untuk itu kami juga dari LLDIKTI akan memberikan dukungan serius kalau memang itu ada yang ingin membuka perguruan tinggi dimaksud, minimal dengan mempercepat izin operasional,”  ujar Suriel Mofu.

  Diungkapkan, selain ketiga jurusan tersebut di atas, pihaknya untuk sementara tidak akan memberikan izin bagi pembukaan jurusan  baru di Biak. Pasalnya, jurusan teknik perkapalan/kelautan, teknik penerbangan dan kedokteran swasta yang dinilai tepat karena sekolah tingginya masih kurang dan bahkan belum ada di wilayah Papua dan Papua Barat.

  “Kita harus memikirkan kesiapan SDM yang berkualitas di wilayah Papua dan Papua Barat kedepan, kita harus mulai dari sekarang dan ini harus menjadi perhatian serius. Kita harus mampu bersaing dengan daerah lainnya, karenanya kita harus kerja keras,” pungkasnya.(itb/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *