Kementerian PUPR Bangun 40 Unit Rumah di Tolikara

Kepala Dinas Perumahan dan Energi Kabupaten Tolikara Papua Imanuel gurik, SE bersama Tim SNVT Provinsi Papua yakni Marinus Rino, ST, MT dan Melkyzedekh I Kondolele serta tujuh (7) orang dari pihak Kontraktor dan Konsultan tinjau lokasi pembagunan 40 unit rumah di Karubaga, Kamis (4/7) lalu.

TOLIKARA_Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Bidang Perumahan Provinsi Papua membangun 40 unit rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Tolikara. Proses pembangunan telah diawali dengan kunjungan dari pihak SNVT Provinsi Papua bersama tim ke Tolikara belum lama ini, Kamis (4/7).

   Tim yang datang ke Tolikara terdiri dari dua (2) orang staf SNVT Provinsi Papua yakni Marinus Rino, ST, MT dan Melkyzedekh I Kondolele serta tujuh (7) orang dari pihak Kontraktor dan Konsultan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Tolikara, Imanuel Gurik, SE,M.Ec.Dev. dalam rilisnya kepada Dinas Kominfo Kabupaten Tolikara, Sabtu (13/7).

  “Pada hari Kamis lalu, Pemerintah Kabupaten Tolikara dikunjungi Tim SNVT Provinsi Papua bersama pihak kontraktor dan konsultan. Kedatangan mereka (Tim SNVT) dalam rangka persiapan pembangunan rumah bagi ASN dan masyarakat sebanyak 40 unit di dua lokasi yaitu Distrik Biuk dan Distrik Karubaga,” ungkap Kepala Dinas DPKP Kabupaten Tolikara Imanuel Gurik SE,M.Ec.Dev.

   Dijelaskan, untuk Distrik Biuk terdiri dari 20 unit rumah masing-masing 10 rumah untuk masyarakat dan 10 rumah lagi untuk pegawai distrik. Sedangkan, 20 unit rumah yang akan dibangun di Distrik Karubaga diperuntukan bagi ASN dari Organisasasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tolikara.

   “Perumahan ini berasal dari Kementerian PUPR dan dibangun oleh SNVT, diperuntukan bagi ASN yang belum punya rumah dan untuk masyarakat tidak mampu, yang masih tinggal di honai. Jadi minggu depan pembangunan sudah dimulai,” imbuhnya.

   Dijelaskan pula, kehadiran Tim SNVT Provinsi Papua dalam rangka pembangunan 40 unit rumah disambut antusias oleh Sekda Kabupaten Tolikara, Anton Warkawani, SE di ruang kerjanya dan didampingi kepala Dinas DPKP, Imanuel Gurik, SE,M.Ec.Dev.

   Imanuel Gurik mengatakan, untuk tahun depan Dinas DPKP Kabupaten Tolikara mengusulkan pembangunan rumah sebanyak 380 unit kepada Kementeritan PUPR, masing-masing100 unit untuk ASN dan 280 unit untuk masyarakat.

  “Jadi kita mengusulkan agar tahun depan dibangun sebanyak 380 unit rumah untuk ASN dan masyarakat Tolikara. Mudah-mudahan bisa dijawab,” pungkasnya.

   Seperti diketahui, melansir laman www. pu.go.id, pada Januari 2016 lalu Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membentuk Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Bidang Perumahan di seluruh Provinsi di Indonesia. Adanya SNVT Bidang Perumahan diharapkan akan mempercepat program serta pengawasan pembangunan rumah untuk masyarakat dan meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah (Diskominfo Tolikara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *