KPK Nilai Pemkot Masih Lemah Dalam Penertipan Aset

Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Jayapura saat mendengarkan arahan Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano,MM.,dalam kegiatan rakor optimalisasi penertiban aset BMD Kota Jayapura, di aula Sian Soor, Kamis(13/6) (Priyadi/Cepos)

BTM: Bawa Aset Pemkot,  Berurusan dengan Kejari

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano,MM.,menegaskan semua aset milik Pemkot Jayapura harus diatur, ditata, dikelola dengan baik dan tertib di semua OPD.

Untuk itu dengan masih adanya aset kendaraan dan tanah yang belum dilaporkan atau diketahui oleh OPD, Wali Kota minta masing-masing OPD harus bisa mempertanggungjawabkannya.

  “Kita laksanakan rapat koordinasi optimalisasi, terkait penertiban aset Barang Milik Daerah (BMD) di lingkungan Pemkot Jayapura, karena berdasarkan tindak lanjut dari KPK dari hasil pemeriksaannya di Pemkot masih lemah dalam penertiban aset, sehingga KPK mendorong untuk dilakukan penertiban aset-aset, seperti kendaraan roda dua, roda empat dan juga aset tanah. Tindak lanjut akan dilaporkan ke KPK, setelah lebaran, mereka akan melihat bukti-bukti kendaraan-kendaraan yang ada beberapa instansi OPD,”ungkapnya kepada wartawan usia membuka rakor optimalisasi  penertiban aset  daerah barang milik daerah Kota Jayapura di aula Sian Soor, Kantor  Wali Kota Jayapura, Kamis (13/6).

  Wali Kota juga menegaskan aset BMD yang ditertibkan baik aset dari pengadaan APBD Kota, hibah dari Pemprov Papua, Pemerintah Pusat dan lembaga lainnya  semua harus dicatat dengan baik.

“Kalau aset  ada pejabat yang sudah selesai tugas pengabdiannya di kota ada yang bawa, atau ada yang pindah tugas ke Provinsi dan kabupaten lain terdekat di Pemkot Jayapura, juga harus dikembalikan,”tegasnya.

Sebagai bukti komitmen Wali Kota dalam menertibkan aset BMD Kota Jayapura, Pemkot sudah melakukan MoU dengan Kejari, ini juga  perintah KPK dan  dalam MoU juga disaksikan oleh KPK.

  Kejari  akan membantu Pemkot  dalam menertibkan aset BMD baik yang bergerak dan tidak bergerak, bagi yang tidak mau mengembalikan dan sudah disurati sesuai prosedur, maka akan berhadapan langsung dengan Kejari. (dil/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *