Bawaslu Kota Terima 11 Pengaduan di MK

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ahmad Syahrizal mengecek kotak suara saat proses rekapitulasi penghitungan suara (Tungra) pemilihan umum (Pemilu) 2019 di GOR Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/4/19). Sebanyak 125.220 suara terkumpul dari 7 kelurahan di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. FOTO: HENDRA EKA/JAWA POS

JAYAPURA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura, Frans Rumsarwir mengatakan bahwa terkait sejumlah pengaduan yang didapatnya pasca Pemilu serentak 17 April lalu, saat ini masi dalam tahapan penyelesaian di Mahkamah Konstitusi (MK).

“sejumlah berkas pengaduan yang diterima Bawaslu di Kota Jayapura termasuk pengaduaun Pemungutan Suara Ulang (PSU) masih tahapan penyelesaian di MK,”kata Frans ke Cenderawasih Pos, Selasa (9/7).

Dirinya mengakui bahwa dalam sejumlah berkas pengaduan yang diakantongi oleh Bawaslu Kota Jayapura tersebut bermacam-macam.

“dari aduan PSU, meminta pengembalian suara yang diduga di alihkan oleh lawan politik bahkan antara internal partai juga, jadi untuk mengetahui hasil dari sejumlah pengaduan tersebut kita tunggu hasil putusan MK yang diperkirakan 30 Juli nanti,”ujarnya.

Diharapkan apa yang menjadi putusan MK nantinya bisa diterima oleh semua pihak lebih khusus yang memberikan penganduan atas hasil Pemilu April lalu.

“tentu sangat diharapkan bisa memuaskan yang tidak puas dalam hal ini yang memberikan pengaduan sehingga hasil yang ditetapkan betul-betul adil dan jujur,”paparnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Hardin Halidin mengakui bahwa khusus untuk pengaduan PSU tentu dari hasil putusan MK nantinya baru diketahui berapa jumlah distrik, kelaurahan atau TPS yang akan dilakukan PSU untuk Kota Jayapura.

Sementara untuk data khusus PSU yang melakukan pengajuan, Bawaslu mengakui belum bisa menjelskan hal tersebut, namun pada intinya untuk Kota Jayapura kurang lebih 11 jenis pengaduan yang didalamnya berbagai jenis pengaduan.(kim/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *