Tak Hanya Daun Ganja yang Diselundupkan, Tapi Ini…

Anggota Satgas Pamtas menunjukkan pelaku yang kedapatan membawa bibit pohon ganja saat melintas di wilayah perbatasan RI-PNG Kamis (4/7)

JAYAPURA – Jalur perbatasan benar-benar menjadi pintu besar bagi peredaran barang haram sejenis ganja. Menariknya bila selama ini yang diselundupkan adalah daun ganja, kali ini hasil tangkapan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH berbeda.Tak lagi daun atau pohon tetapi biji atau buah ganja.

“Saat dilakukan pemeriksaan rutin, Personel Satgas mengamankan seorang pria yang setelah dicek tasnya ternyata ia membawa ratusan bibit ganja kata Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han), Kamis (4/7) dalam rilisnya Jumat (5/7).

Diceritakan bahwa kejadian bermula saat Personel Satgas Pos Kotis melakukan pemeriksaan rutin terhadap pengunjung yang akan kembali ke Jayapura.

Dan saat pemeriksaan ditemukan benda yang dibungkus oleh plastik hitam yang dibawa oleh Gabriel Sal (32) warga Waris. “Saat kami dalami bibit ganja tersebut diperoleh melalui temannya yang merupakan warga PNG,” ucapnya.

Bibit ini sendiri sudah siap tanam yang artinya pola budidaya juga dilakukan. “Ini jadi PR bagi kami dan wilayah perbatasan memang kerap sekali dijadikan tempat untuk mengedarkan narkoba baik dari Indonesia ke PNG sehingga perlu didukung semua pihak. Kami akan tetap meneliti setiap yang mencurigakan,” tegas Erwin. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *