Melalui Festival BMW Lestarikan Budaya Masyarakat Biak

JAYAPURA- Dengan termasuk mengemukakan budaya menangkap dan makan ikan dalam Festival Biak Munara Wampasi (BMW) di Kabupaten Biak Numfor, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. FX Mote, M.Si., menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu langkah masyarakat Biak dalam melestarikan budayanya.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Biak yang mempertahankan budayanya, salah satunya dalam mengelola sumber daya ikan di perairan Biak Numfor,” ujar Drs. FX Mote, M.Si, kepada Cenderawasih Pos, Kamis (4/7) kemarin.

Sehubungan dengan hal tersebut, Mote mengimbau seluruh masyarakat di Papua, khususnya di kabupaten/kota wilayah pesisir, termasuk pula di Biak Numfor, untuk tidak menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak dikehendaki, seperti halnya dengan bom ikan, pukat, maupun alat tangkap lainnya yang tidak ramah lingkungan.

“Sebaliknya, cara tangkap yang mengacu pada budaya masyarakat Biak inilah yang ramah lingkungan, sehingga, tidak merusak lingkungan, melainkan justru ada upaya melindungi laut demi generasi penerus masyarakat Biak ke depannya,” tambahnya. (gr/wen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *