Mapala Uniyap: Jangan Bencana Dulu Baru Ingat Jaga Alam

Kapala Uniyap Jayapura bersama masyarakat menanam pepohonan di Apo Gunung Distrik Jayapura Utara, Selasa (2/7).

JAYAPURA-Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Uniya Jayapura melaksanakan penanaman pohon dan sekaligus menyampaikan sosialisasi pentingnya menjaga alam di perkampungan di Apo Gunung distrik Jayapura Utara mulai 29 Juni-2 Juli. Bahkan untuk menyukseskan penanaman ini tim Mapala Uniyap sampai harus bermalam di tengah hutan.

“Kegiayan ini adalah salah satu program kerja tahunan Mapala Uniyap yaitu penanaman seribu pohon guna melestarikan alam dan menjaga alam di Kota Jayapura yang semakin hari semakin memperihatinkan, karena buat kami jaga alam atau alam akan membunuhmu,”Ungkap Ketua Umum Mapala Uniyap Muh. Sukri atau yang akrab disapa Lintang.

Selain sebagai upaya melestaraikan alam dengan menanam berbagai poho, kegiatan ini juga di harapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan tidak mrnebang pohon yang terdida di Kota Jayapura.

“mengingat bahwa fungsi dari hutan adalah paru-paru bumi yanh harus dirawat, menurut survey kami di berbagai hutan yang ada di Kota Jayapura yang dimana sangat memeperihatinkan banyak penebangan pohon sembarangan serta pembakaran hutan untuk dijadikan lahan perkebunan mengingat bencana yang terjadi di Kabupaten Jayapura tepatnya di Sentani yang terkena banjir bandang itu berawal dari ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab atas hutan, maka dari itu kami tidak ingin bencana itu terulang kembali,”tegasnya.

Menurut Mapala Uniyap pihaknya akan tetus bergerak guna menjaga lingkungan sehingga paling tidak bisa meminimalisir terjadinya bencana di Kota Jayapura.

“Kami juga mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat hutan serta lahan yang biasa ditanami dan lahan yang tidak biasa ditanami,”tambahnya.

Dirinya juga berterimakasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penanaman pohon dan sosialisasi yang di lakukan pihaknya.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *