Pelamar Membludak, Tes CPNS Supiori Dibagi 23 Sesi

Suasana seleksi CPNS formasi tahun 2018 di Kabupaten Supiori yang dilakukan dengan sistem CAT, kemarin. Secara keseluruhan seleksi diikuti 2.300 peserta, dengan jumlah peserta seleksi paling banyak di jenjang pendidikan SMA. (Fiktor/Cepos)

Bupati Supiori: Penentuan Kelulusan Dirangking Sesuai Hasil Tes

SUPIORI-Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Supiori dibuka langsung oleh Bupati Drs Jules F Warikar, MM. Seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT)  ini dibagi dalam empat sesi dengan menggunakan dua ruangan, satu ruangan diisi 50 peserta tes.

  Pelaksanaan tes dengan sistem CAT itu akan berlangsung hingga dengan hari Sabtu (29/6). Pelaksanaan seleksi itu tergolong lama karena jumlah peserta tes cukup banyak, pelamar yang lolos administasi dan berhak mengikuti seleksi dengan sistem CAT itu sebanyak 2.300 orang. Jumlah pelamar CPNS di Kabupaten Supiori tergolong cukup banyak karena formasi untuk lulusan SMA juga dibuka.

  Bupati Supiori Jules F Warikar berharap hasil seleksi dengan sistem CAT akan menghasilkan calon CPNS yang memang benar-benar berkualitas. Sebab dengan sistem itu lebih trasparan, demikian halnya yang dinyatakan nanti lulus seleksi akan tetap memperhatikan rangking atau peringkat.

  “Harapan saya, anak-anak Papua juga melalui tes ini memperlihatkan kemampuannya bahwa memang sudah bisa. Dan siapa yang lulus nantinya ditentukan hasil pekerjaannya, bukan saya atau siapa-siapa yang tentukan. Nanti kan hasilnya ditampilkan sesuai dengan rangking oleh pihak BKN, tinggal dilihat saja kalau posisi nilainya paling tinggi maka otomatis itu yang lulus,” jelas Bupati.

  Terkait dengan itu, lanjutnya, maka peserta seleksi memang dituntut harus mempersiapkan diri sejak awal. Pasalnya, penentuan kelulusan tetap sesuai dengan hasil pekerjaan itu. “Harapan saya, terus belajar dan orang tua juga memberikan motivasi. Semua seleksi ini trasparan, bisa dipantau,” tandasnya.

   Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Supiori Dra. Ferra Wanggai, M.Si mengungkapkan tes CAT diikuti 2.300 orang. “Tes dengan CAT ini dilakukan dalam 23 sesi dengan menggunakan 100 komputer, jadi kami bagi setiap sesi 100 orang dan menggunakan dua ruangan,” ujarnya menambahkan.

  Pemkab Supiori membuka 403  formasi CPNS tahun 2018 ini  dengan jurusan paling banyak adalah guru, kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Penerimaan formasi itu juga tetap memperhatikan 80 % untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 % untuk non Papua. Selain itu, khusus untuk non Papua lebih memprioritaskan yang tempat kelahirannya di wilayah Papua.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *