Banyak Fasilitas Rusak, Terminal Belum Bisa Digunakan

MASIH MENUNGGU – Kondisi terminal Type B yang berada di batas  kota antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura terlihat belum bisa difungsikan karena banyak fasilitas yang rusak, Selasa (25/6). Pemkot berharap tahun ini Kota Jayapura bisa memiliki terminal sendiri yang reprsentatif. (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Kondisi terminal bayangan di Expo Waena hingga kini masih terbilang semerawut. Itu tak lepas banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan hingga menutupi banyak bagian jalan. Tak hanya itu perputaran kendaraan semaunya membuat lokasi ini kerap menjadi macet. Hal tersebut tak dipungkiri oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Saru yang menyebut kondisi itu dikarenakan belum beroperasinya terminal batas kota.

Hanya saja kata Rustan Saru hingga kini pihaknya belum bisa menggunakan fasilitas terminal ini karena masih perlu banyak perbaikan. “Untuk terminal di Waena memang masih menumpang di Expo. Ini sejatinya akan dipindahkan ke terminal type B di batas kota. Namun ketika mau diserahkan tahun kemarin ternyata fasilitas di dalam banyak yang rusak,” kata Rustan Saru belum lama ini di ruang kerjanya.Ia menyebut ada  bangunan toko dan kios yang rusak oleh pihak tak bertanggungjawab.

  Naun untuk fasilitas lainnya seperti lokasi parkir, halte, bengkel, kantor sudah disiapkan. “Kemarin saat kami cek sama-sama ternyata masih banyak yang perlu dibenahi sehingga kami minta dituntaskan dulu baru diserahkan kepada kami,” bebernya. Dari sisi bangunan kata Rustan perangkat ini sudah  dilengkapi tinggal kamar mandi, warung dan tempat ibadah yang juga perlu diperbaiki. Dikatakan jika ditangani cepat maka sebelum Desember ini sudah bisa digunakan.

“Kami tak memungkiri bahwa saat ini kondisi di Expo terlihat kumuh karena persoalan banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan dan seenaknya. Banyak kendaraan angkutan umum yang tak tertata. Bila ini sudah diserahkan akan segera kami atur untuk kami rapihkan,” jelasnya. Sekedar diketahui aset tanah di lokasi terminal type B ini adalah milik Pemda Kota Jayapura namun pembangunan infrastrukturnya dilakukan oleh Pemprov dan akan dihibahkan ke Pemkot bila sudah selesai.

“Angkutan kota termasuk dari Sarmi nanti akan langsung masuk di terminal ini. Kami berharap bisa secepatnya sebab dengan sendirinya ada pendapatan daerah yang bisa digali. Selama ini di Waena memang lost pendapatan sebab tak ada pos dan memang bukan terminal,” papar Rustan. (ade/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *