LHP BPK Tahun 2018 Belum Diserahkan

Lot Yensenem, SE.,M.Si

BIAK-Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Biak Numfor Lot Yensenem, SE.,M.Si dengan tegas mengatakan hingga saat ini Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK tahun 2018 belum diterima. Jika LHP tahun 2018 telah diserahkan maka akan diterima langsung oleh Bupati Biak Numfor atau Sekretaris Daerah (Sekda).

  Penegasan itu disampaikan menyikapi adanya sejumlah informasi yang menyatakan kalau LHP dari BPK terhadap hasil audit tahun 2018 sudah diserahkan dengan opini diclaimer. Tak hanya itu, menurut Lot, informasi itu juga menyebutkan bahwa LHP tahun 2018 itu dikatakan ada temuan yang jumlahnya puluhan miliar rupiah.

“Jadi perlu kami tegaskan bahwa hingga saat ini dari LHP dari BPK sebagai hasil audit tahun 2018 belum kami terima. Kalau ada yang menyatakan dan telah memperbincangkan bahwa dalam LHP tahun 2018 ditemukan terjadi penyalagunaan anggaran puluhan miliar, pertanyaan kami informasinya dari mana?. Kami saja belum menerima LHP dari BPK dan kalau itu sudah diserahkan pasti diinformasikan,” tegasnya kepada wartawan.

  Dijelaskan, bahwa audit terhadap penggunaan anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pengguna anggaran lainnya dilakukan dua kali. Pertama, audit pendahuluan atau administrasi, lalu kedua disebut audit terinci. Diaudit terinci itu dilakukan langsung oleh tim BPK dengan mengklarifikasi semua penggunaan anggaran di lapangan, termasuk penerima bantuan dana-dana hibah.

  “Perlu diketahui bersama, tak hanya pengelola anggaran di masing-masing OPD yang diperiksa atau dimintai keterangan, namun penerima bantuan juga dimintai keterangan. Penerima bantuan juga wajib memberikan pertanggungjawaban, saya kira ini penting dipahami bersama supaya ketika ada menerima  bantuan juga memperhatikan pertanggungjawaban penggunaannya,”  jelasnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *