Jalan Masuk ke Bandara Sentani akan Dibuat Dua Jalur

Petugas dari dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura saat mengukur lahan di jalan masuk Bandara Sentani untuk dilebarkan, Jumat (21/6).(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura bersama beberapa organisasi pemerintah Daerah yang terkait sudah melakukan pengukuran lahan di jalan masuk Bandara Sentani untuk nantinya dilebarkan.

“Rencana pekerjaan akan dilakukan minggu ini,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Terry Ayomi kepada ceposonline.com saat jeda pengukuran jalan masuk Bandara Sentani, Jumat (21/6)

Dia mengatakan, ada dua jalur jalan di sekitar bandara Sentani yang akan lebarkan. Masing-masing dengan luasan yang akan dilebarkan itu mencapai empat hingga lima meter dari titik terluar badan jalan itu. Selain itu, dinas itu juga akan membangun kembali saluran drainase dan trotoar jalan.

“Pelebaran ini dibangun baru dengan nilai anggaran sekitar hampir Rp7 miliar untuk dua ruas jalan itu,” ungkapnya.

Adapun dua ruas jalan yang akan dikerjakan itu yakni, ruas jalan dibagian timur bandata dan juga bagian barat atau depan Makam Theys.

Diakuinya, selama ini hanya satu ruas jalan yang sering dipakai untuk akses keluar maupun masuk bandara. Besar kemungkinan ke depan dua ruas jalan itu akan difungsikan secara maksimal artinya dua ruas jalan itu akan dipakai masing masing untuk akses masuk dan keluar.

“Saat ini prosesnya sedang berlangsung, untuk jalan masuk melalui lampu merah sudah dimenangkan oleh salah satu pihak ketiga. Minggu depan sudah mulai kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, mengenai hal hal yang berkaitan dengan bangunan atau tanaman yang ikut dikorbankan dalam pekerjaan pelebaran jalan itu, dia memastikan pemerintah akan menyelesaikannya.

“Jalan yang akan dikerjakan ini kurang lebih 700 meter,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pelebaran jalan masuk Bandara Sentani itu bertujuan selain mendukung pelaksanaan PON di Papua, juga untuk menata Kota Sentani. Apalagi Sentani sebagai salah satu pintu masuk utama bagi masyarakat ketika masuk Papua.

“Ini pintu masuk, makanya penataan harus mulai dilakukan,” tambahnya.

Pantauan koran ini, kegiatan pengukuran lahan itu melibatkan dinas perizinan kabupaten Jayapura dan juga Dinas pertanahan kabupaten Jayapura. Kedua OPD itu akan memainkan peran masing masing dalam memuluskan program pemerintah dalam menata Kota Sentani khususnya kawasan Bandara Sentani.(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *