Dinaker Target Cetak 1.344 Tenaga Kerja Terampil

BIAK-Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor di tahun 2019 menargetkan akan mencetak 1.344 tenaga kerja terampil. Hingga dengan bulan awal bulan Juni 2019, sudah 396 tenaga kerja terampil yang diikutkan dalam kegiatan pelatihan dan kursus di Lokal Latihan Kerja (LLK)  Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  Dinas Tenaga  Kerja Kabupaten Biak Numfor.

   Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor Dr. Enias Rumbewas, SE.,M.Si mengatakan pelatihan yang digelar itu dimaksudkan untuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu, juga untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil di berbagai bidang dan siap pakai jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh perusahaan.

  “Sebenarnya tenaga kerja yang kami didik ini tidak sekedar memiliki sertifikat keahlian, namun juga didorong bagaimana mereka supaya bisa berwiraswasta,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos.

  Menurutnya, dari 396 tenaga kerja terampil yang telah dididik itu, sebagian sudah dipakai oleh   pihak swasta. Selain itu, juga ada yang sudah bekerja sebagai tenaga honor dan kontrak di berbagai instansi yang ada di pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

  “Keahlian yang mereka miliki kan berbeda-beda, makanya ada sejumlah instansi yang sudah menggunakan tenaga mereka. Misalnya saja yang ahli dalam bidang teknologi computer, dan di mesin dan mekanik sudah diminta sejumlah bengkel besar di Biak,” kata Enias Rumbewas. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *