Jelang PON XX, Hotel Mulai Dibooking

Harrys Loji (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX rencananya baru akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2020 mendatang. Meski sejumlah venue belum tuntas dibangun dan bahkan hingga saat ini ada yang sama sekali belum dibangun, namun sejumlah provinsi sudah mulai melakukan pemesanan atau booking kamar-kamar hotel.

  Dari Provinsi Jawa Timur misalnya, kontingen yang akan mengikuti pertandingan sejumlah cabang olahraga di Biak nampaknya sudah melakukan pemesanan sejumlah kamar hotel.

  Misalnya saja, di Hotel Arumbay Biak. Sebanyak 40 kamar yang ada di Hotel Arumbay Biak sudah habis dipesan dari kontingen Jawa Timur.  “Kalau kami di Hotel Arumbay Biak, 40 kamar yang ada sudah dibooking Provinsi Jawa Timur,” kata Vincen, Manager Pemasaran Hotel Arumbay Biak.

  Tak hanya di Hotel Arumbay, di Hotel Marasi juga demikian. Bahkan di Hotel Marasi Biak pembayaran kamar-kamar hotel itu sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu, sementara sejumlah kamar di hotel lainnya tanda jadi pemesanannya juga sudah dibayar sebagian.

  Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Biak Numfor Harrys Loji ketika dikonfirmasi juga membenarkan hal tersebut. “Memang sudah sebagian besar kamar hotel yang ada di Biak sudah dibooking menjelang pelaksanaan PON XX, ini karena  Biak juga dijadikan salah satu klaster pelaksanaan pertandingan sejumlah cabang olah raga,” tandasnya.

  Menurut Loji, jumlah kamar hotel yang ada  di Kabupaten Biak Numfor hanya 380 kamar. Dengan keterbatasan jumlah kamar hotel itu, menjadi alasan bagi kontingen dari setiap provinsi jauh-jauh hari sebelumnya melakukan pemesanan.

   “Persoalannya, kamar hotel terbatas sementara jumlah atlet yang datang nantinya cukup banyak. Nah, hal ini yang membuat mereka melakukan pemesanan kamar lebih awal dan bahkan sudah ada yang  dibayar,” ujar Loji.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *