H-2 Lebaran, Permintaan Sayuran dan Daging Mulai Meningkat

Yohana/Cepos

Aktivitas masyarakat saat belanja kebutuhan Lebaran H-2 di Pasar Youtefa, Senin (3/6).

JAYAPURA – Menyambut hari raya Idul Fitri yang tinggal 2 hari lagi, nampak antusias masyarakat mulai membanjiri pasar guna mencari kebutuhan pangan dalam rangka perayaan Idul Fitri.

Meski lonjakan pembeli begitu padat namun aktivitas jual beli masih dapat terkontrol dengan baik. bahkan stok serta harga juga masih terkendali.

Aci salah seorang pedagang komoditi perrtanian di Pasar Youtefa mengakui, harga komoditi pertanian masih stabil. kecuali cabai rawit yang mengalami kenaikan harga yaitu tembus Rp 120 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 80 ribu/kg.

“komoditi pertanian lainnya seperti bawang merah Rp 60 ribu/kg, bawang putih Rp 60 ribu/kg, tomat Rp 18 ribu/kg, cabai merah besar Rp 50 ribu/kg, cabai keriting Rp 55 ribu/kg harga-harga tersebut masih stabil,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (3/6).

Lanjutnya, uuntuk kebutuhan sayuran seperti kol Rp 40 ribu/kg naik dari Rp 35 ribu/kg, wortel Rp 40 ribu/kg, kentang Rp 40 ribu/kg naik dari harga Rp 25 ribu/kg, buncis Rp 40 ribu/kg naik dari harga Rp25 ribu/kg.

“kenaikan tersebut dikarenakan permintaan meningkat dan juga stok yang kami datangkan dari Wamena dan Surabaya juga terbatas akibat permintaan meningkat,” terangnya.

Sementara itu, kenaikan permintaan kebutuhan Lebaran bukan saja terlihat untuk kebutuhan komoditi pertanian tetapi juga permintaan daging sapi yang mulai marak terlihat.

Salah satu penjual daging sapi di Pasar Youtefa, Asis Dandi mengatakan pihaknya dalam memenuhi permintaan konsumen jelang hari raya, menyediakan 3 ekor sapi dengan ukuran 300 Kg untuk setiap daging sapi.

“H-2 permintaan daging sapi sudah meningkat, bukan hanya daging, tulang sapi pun banyak yang cari. Harga juga mengalami kenaikan khususnya untuk tulang sapi ada kenaikan 30 ribu/kg yaitu dari Rp 70 ribu naik menjadi Rp 100 ribu/kg, sedangkan untuk daging sapi Rp 150 ribu naik dari harga Rp 145 ribu/kg,” tuturnya.

Dirinya mengakui untuk permintaan daging sapi akan tercukupi karena pada saat seperti ini banyak pedagang daging sapi dadakan juga yang menyediakan daging sapi sehingga masyarakat yang berbelanja tidak perlu khawatir karena stok aman. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *