Pembangunan GOR Wamena Dianggarkan Rp 28 Miliar

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi (Denny/ Cepos)

Bupati Jhon Richard Banua, SE, MSi (Denny/cepos)

WAMENA- Pemda Jayawijaya menyiapkan anggaran sebesar Rp 28 miliar untuk pembangunan Gedung Olahraga (GOR) di Wamena, yang akan jadi salah satu Venue   PON 2020  nanti. Untuk itu, pemerintah meminta kepada konsultan pembangunan harus memaparkan lebih dulu perencanaan pembangunan.

   Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, mengungkapkan bahwa  setelah selesai penetapan perencanaan pembangunan GOR, konsultan pembangunan harus memaparkan dulu rencana pembangunannya. Sebab,  ada beberapa item yang ditanyakan, namun konsultan tak bisa menjawab.   

   “Kami tidak mau kejadian dulu terulang kembali, dimana perencanaan sudah dibuat 100 persen dengan angka anggaran yang sesuai, kenyataan tidak bisa realisasi 100 persen, sehingga pembangunan GOR  ini saya tak mau seperti itu,”ungkapnya saat ditemui diruang Rapat Bupati Selasa (28/5) kemarin.

   Menurut Bupati,  target pembangunan GOR ini 6 bulan untuk fisiknya, sehingga perencanaan tidak boleh asal jadi,  tapi harus memperhatikan kualitas. Apalagi dana yang disediakan cukup besar, yakni Rp 28 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang masuk dalam APBD Pemda Jayawijaya. Sementara untuk rehab Stadion Pendidikan itu menjadi tanggungjawab Provinsi Papua yang akan melakukan pelelangan.

   “GOR ini dana dari APBD Jayawijaya, sedangkan untuk rehab lapangan pendidikan akan dilelang oleh Provinsi karena anggarannya itu dari Provinsi Papua,”jelasnya.

   Ia menambahkan , tidak hanya pembenahan Stadion Pendidikan Wamena, tetapi juga ada beberapa item yang akan direhab oleh Provinsi Papua termasuk   akses jalan,  yang sudah mulai dilakukan pelelangan di Provinsi Papua, untuk dikerjakan tahun ini.

   “Kita di Wamena mendapat cabor itu Muaythai, babak Penyisihan Sepak Bola dan Tinju, sedangkan untuk terbang layang ini masih belum pasti di Wamena atau di Tolikara,”tambahnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *