KPU Yalimo Resmi Laporkan Penyebar Hoax

Ketua KPU Yalimo Yehamia Walianggen menunjukan bukti surat pelaporan KPU Yalimo terhadap pembuat dan penyebar berita hoax penetapan caleg di medsos di SPKT Polres Jayawijaya. Denny/cepos

WAMENA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, akhirnya melaporkan oknum pembuat dan penyebar berita bohong atau hoax terkait  penetapan anggota DPRD Yalimo,  ke Polres Jayawijaya. Sebab,  berita itu berpeluang menjadi ancaman bagi lembaga tersebut dan memicu konflik di antara caleg dan pendukungnya.

   “Alat bukti berupa pesan singkat nama-nama caleg yang lolos itu sudah kami serahkan. Selama ini berita bohong itu tersebar di whatsApp grup maupun pribadi.Termasuk nomor hp terakhir yang membagikan pesan itu juga sudah kami serahkan kepada polisi,”ungkap Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen usai membuat laporan di Sentra pelayanan Terpadu Polres Jayawijaya, Selasa (28/5) kemarin.

   Menurutnya,  Yehemia  pihak KPU kabupaten tidak memiliki kewenangan untuk menentukan caleg terpilih sebagaimana berita bohong yang beredar. Sebab,  hasil rekapan itu akan diteruskan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Papua. Dimana saat ini masih  menunggu penyelesaian gugatan di MK.

   “Nanti ditentukan oleh KPU RI berdasarkan hasil rekapan yang kita rekap di kabupaten. Nanti hasil itu turun baru KPU kabupaten lakukan pleno penetapan berdasarkan penetapan yang dilakukan KPU RI, dan menandatangani berita acara,”bebernya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *