Seat Terbatas, Penumpang Pesawat Menumpuk

Para penumpang saat melakukan boarding di terminal Bandara Wamena. Denny/Cepos

TNI AU Diharap Bantu dengan Hercules

WAMENA-Menjelang libur lebaran ini, ketersediaan seat pesawat sangat terbatas sehingga terjadi penumpukan penumpang di Bandara Wamena. Untuk itu,  dua armada penerbangan diminta melakukan penambahan jumlah pernerbangan untuk mengurangi lonjakan penumpang.

    Kepala UPBU kelas 1 Wamena Joko Harjani menyatakan saat ini yang terjadi bukan kelangkaan tiket. Sebenarnya tiketnya ada, cuma memang penumpangnya yang membludak dan kapasitas tempat duduk pesawat terbatas sehingga ada penumpukan penumpang di Bandara Wamena .

   “Kapasitas tempat duduk atau seat itu kita ada 5 kali penerbangan sehari, sehingga sekali mengangkut penumpang dari Wamena itu hanya 45 orang dikalikan dengan 7 kali penerbangan berarti 315 orang yang bisa diterbangkan dalam sehari,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Via selulernya Jumat (24/5) kemarin.

   Menurutnya, untuk Trigana Air sebelumnya 4 kali penerbangan, ditambah sekali penerbangan menjadi 5 kali penerbangan.  Sementara untuk Wings Air dari sekali kini menjadi dua kali penerbangan  i dengan pesawat tipe ATR 500 serie 72 sehingga daya angkutnya juga terbatas jika dari Wamena.

  “Minggu lalu kali sudah rapat dengan pihak penerbangan, dimana kalau ada penumpukan penumpang maka kami minta penerbangan untuk melakukan Ekstra flight atau penerbangan tambahan,” jelas Joko.

  Pihaknya juga meminta kepada pihak TNI AU untuk membantu   mengatasi lonjakan penumpang atau melayani masyarakat dengan menggunakan pesawat Hercules. Ia juga mengingatkan untuk menghindari calo, termasuk calo Hercules.

  “Pihak Detasemen TNI AU Wamena juga sudah mengambil langkah – langkan mencegah adanya percaloan, jangan sampai tujuannya membantu masyarakat tetapi disalahgunakan buat oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,”kata Joko Harjani.

   Ia menambahkan, masalah ini sudah dirapatkan sebanyak dua kali dengan maskapai penerbangan, maupun Detasemen TNI AU di Wamena. Selain itu pada hari Minggu nanti kemungkukinan Posko pengaduan tiket akan diaktifkan kembali, dan pada 29 Mei ini sudah mulai dengan posko terpadu angkutan lebaran di Bandara Wamena.

  “Rencana minggu depan sudah ada pos pengaduan tiket dan posko angkutan lebaran yang akan gelar pada Kawasan Bandara Wamena,”tambahnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *