PDAM Prediksi Kesulitan Air Bersih di Sentani Berlangsung Lama

Robert Mboik Cepos
Tertibun longsor-Intake darurat yang dibangun PDAM Jayapura dalam rangka menyuplai air bersih ke pelanggan PDAM di Sentani kembali tertimbun longsor, Kamis (23/5).

SENTANI- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura memprediksi kesulitan air bersih yang terjadi di Kabupaten Jayapura Sentani saat ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena sumber air bersih di intake darurat yang menjadi andalan penyedia air bersih di PDAM Jayapura saat ini kembali rusak akibat tertimbun longsor.

“Petugas kami sebenarnya sudah bangun intake darurat tetapi kembali tertimpa longsoran kemarin ” kata Direktur PDAM Jayapura Entis Sutisna kepada Cenderawasih Pos di Sentani, Jumat (24/5).

Menurutnya untuk mengatasi kekurangan air bersih di Kabupaten Jayapura khususnya di daerah Sentani pihaknya telah mengerjakan intake darurat untuk menyuplai air bersih ke pelanggan, dan itu sudah berlangsung beberap pekan belakangan ini. Namun sejak di bangun intrik darurat ini sudah dua kali tertimpa longsor. Itu artinya kawasan tersebut memang tidak bisa lagi di gunakan sebagai penyedia air bersih sementara.

“Kami pastikan tidak bisa lagi memperbaiki atau menggunakan intrik darurat itu karena daerah di sekitar situ masih labil dan sering longsor dan menimpa intake yang kami bangun,” jelasnya.

Atas kondisi ini pihaknya memprediksi kekurangan air bersih khusus bagi para pelanggan PDAM di kota Sentani Kabupaten Jayapura dipastikan akan berlangsung lama. Karena pihaknya tidak bisa memastikan kapan sumber air bersih pada intrik utama itu bisa kembali difungsikan. Apalagi, sumber air bersih pada intrik utama itu masih kotor dan berkeruh.

“Kami memprediksi pelayanan normalnya belum pasti, artinya PDAM harus membangun kembali tetapi masih menunggu sampai kondisi alam di wilayah pegunungan Cycloop kembali normal. Karena intrik darurat ini tidak bisa lagi kami gunakan karena hanya membuang-buang biaya,” pungkasnya.

Ia menambahkan pihaknya akan menyampaikan persoalan ini kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah bahwa sumber air bersih bagi masyarakat di Sentani belum bisa diprediksi mengenai kapan waktu yang tepat PDAM bisa memulai pembangunannya. “Karena pegunungan Cycloop masih labil masih terjadi longsoran longsoran hampir setiap saat dan menyebabkan air berkeruh” paparnya.(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *